METRO

PEMILAR Gandeng Badan Amal Dunia Gelar Operasi Gratis Penderita Bibir Sumbing

Masamba, Lagaligopos.com – Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Indonesia Luwu Utara (PP-PEMILAR) dalam waktu dekat ini merencanakan kegiatan operasi gratis bagi penderita bibir sumbing dan langit-langit bolong yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Rencana kegiatan kemanusian itu disampaikan Sekretaris Jendral Pengurus Pusat PEMILAR Ardi Achmad kepada awak media, Selasa (01/07/14). Menurutnya, saat ini mereka sedang menyusun rencana kerja guna mewujudkan kegiatan yang dapat meringankan beban penderita bibir sumbing dan langit-langit bolong yang ada di Luwu Utara.

“Untuk mewujudkan kegiatan itu kita bekerja sama dengan SMILE TRAIN, organisasi tersebut adalah satu-satunya Badan Amal Dunia yang fokus pada bantuan celah bibir dan langit-langit, standard pelayanannya dibawah pengawasan World Health Organization (WHO) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB),” kata Ardi.

Lanjutnya, “SMILE TRAIN ada di 87 negara dan resmi terbentuk pada tahun 1999, di Indonesia sendiri, SMILE TRAIN dimulai pada tahun 2007 bekerjasama dengan 48 Rumah Sakit dan telah melakukan operasi bagi 32.000 penderita bibir sumbing dan langit-langit. Selain itu SMILE TRAIN fokus bekerjasama dengan dokter spesialis bedah plastik dan bedah mulut dalam melakukan operasi bagi pasien agar standar keselamatan dan hasil operasi yang baik dan secara estetika dapat tercapai”.

Ardi Achmad menambahkan, “masih banyak penderita bibir sumbing yang membutuhkan termasuk di Luwu Utara, kendala yang dihadapi saat ini ialah terbatasnya informasi mengenai bantuan operasi gratis ini, dan sulitnya menjangkau lokasi pasien serta terbatasnya sumber daya manusia (dokter spesial bedah plastik & dokter spesilais bedah mulut), imbuhnya.

Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, PP PEMILAR berharap semua pihak yang telah mengetahui kegitan itu dapat menyampaikannya kemasyarakat. Rumah sakit yang menjadi tempat kegiatan itu nantinya di tunjuk oleh pihak SMILE TRAIN sebagai mitra kerjasama. Untuk informasi lebih lenajut dari kegiatan ini, silahkan hubungi No HP: Ardi (085 241 795 141) Aldhi (082 394 580 336) Hafsan (085 399 705 757).

 

Reporter: RPB
Editor: AS
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top