BREAKING NEWS
You are here: Home » KOMUNITAS

KOMUNITAS

Suami Kepala Desa Leboni Rampi Gantung Diri

Gantung diri

“Seorang warga Desa Leboni, Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara Mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Diketahui warga tersebut adalah Muh Syafar, seorang Pegawai Negeri Sipil dan juga suami kepala desa” MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Seorang warga Desa Leboni, Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara Mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Kejadian ini membuat geger warga setempat, pasalnya ini adalah kali pertama kejadian bunuh ... Read More »

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ikatan Pelajar Mahasiswa Seko (IPMS) menyebut aksi dukungan terhadap pembangunan PLTA Seko yang berlangsung beberapa waktu lalu ditunggangi oleh pengusaha dan pemerintah. (Baca: Masyarakat Seko Demo Minta Pembangunan PLTA Jangan Dihalangi) IPMS juga mengecam pihak-pihak yang mengatasnamakan mahasiswa dan LSM yang mendukung pembangunan PLTA Seko. “Jangan bawa-bawa mahasiswa Seko untuk mendukung PLTA, kami masi solid tetap menolak ... Read More »

Masyarakat Seko Demo Minta Pembangunan PLTA Jangan Dihalangi

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ratusan Masyarakat bersama mahasiswa Seko berbondong-bondong mendatangi mendatangi kantor DPRD dan Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (19/7/2016). Dengan menempuh jarak 126 KM, mereka datang menggelar unjuk rasa mendukung masuknya investasi perusahaan listrik PLTA bisa masuk kewilayah mereka. Para Pengunjuk Rasa meminta agar PT Seko Power melanjutkan kembali suervei lapangannya guna menunjang percepatan terwujutnya PLTA di Seko. Selain ... Read More »

Pengadilan Kopi

kopi kolong dari seko

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ada banyak macam jenis kopi di dunia ini. Beragam pula rasa yang ditawarkannya. Bagi penikmat kopi, rasalah yang menjadi pembeda. Selalu akan hadir “sesuatu yang lain”. Kini hadir lagi satu jenis rasa kopi dari Seko dan rongkong, sebuah wilayah terpencil didataran tinggi Kabupaten Luwu Utara. Bubuk Kopi Robusta dan Arabika yang diberi label KOLONG (hitam). Diolah dari ... Read More »

Desa Nuha Terkurung Dalam Kawasan Hutan Lindung

Batas hutan lindung dan lahan kelola masyarakat masih menjadi masalah di Desa Nuha Kabupaten Luwu Timur, hal ini disebabkan desa Nuha masih berada dalam kawasan hutan lindung. Disisi lain masyarakat juga memanfaatkan wilayah mereka sebagai lahan pertanian. Hal ini disampaikan sejumlah warga dalam Sosialisasi Program Penguatan masyarakat lokal/ adat dalam perencanaan wilayah perlindungan ekosistem daerah Tangkapan Air Danau Matano yang dilaksanakan Perkumpulan Wallacea Palopo dan Burung Indonesia, Senin (01/3/16).

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Batas hutan lindung dan lahan kelola masyarakat masih menjadi masalah di Desa Nuha Kabupaten Luwu Timur, hal ini disebabkan desa Nuha masih terkurung dalam kawasan hutan lindung. Disisi lain masyarakat juga memanfaatkan wilayah mereka sebagai lahan pertanian. Hal ini disampaikan sejumlah warga dalam Sosialisasi Program Penguatan masyarakat lokal/ adat dalam perencanaan wilayah perlindungan ekosistem daerah Tangkapan Air ... Read More »

Seko Diserbu Perusahaan Tambang, ASM Desak Pemda Cabut Izin Perusahaan

Sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Seko Menggugat (ASM) menolak keras masuknya sejumlah perusahaan yang ingin mengeksploitas kekayaan alam Wilayah dataran Tinggi Luwu Utara itu. Hal ini disampaikan oleh perwakilan ASM melalui konfrensi pers di Coffe Holic Dg Sija Makassar, Kamis (03/3/16).

MAKASSAR, LAGALIGOPOS.COM – Sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Seko Menggugat (ASM) menolak keras masuknya sejumlah perusahaan yang ingin mengeksploitas kekayaan alam Wilayah dataran Tinggi Luwu Utara itu. Hal ini disampaikan oleh perwakilan ASM melalui konfrensi pers di Coffe Holic Dg Sija Makassar, Kamis (03/3/16). ASM menilai, Pemda Luwu Utara terlalu gampang memberikan perizinan kepada perusahaan demi alasan meningkatkan Pendapatan ... Read More »

Masyarakat Seko Tolak Keberadaan PT Seko Fajar

Ratusan warga masyarakat Seko melakukan unjuk rasa menolak keberadaan perusahaan perkebunan PT. Seko Fajar yang menguasai wilayah Seko Padang. Unjuk rasa ini berlangsung di sekitar kantor kecamatan Seko Desa Padang Balua. Selasa (23/02/2016).

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ratusan warga masyarakat Seko melakukan unjuk rasa menolak keberadaan perusahaan perkebunan PT. Seko Fajar yang menguasai wilayah Seko Padang. Aksi ini berlangsung di sekitar kantor kecamatan Seko Desa Padang Balua. Selasa (23/02/2016).  Dalam unjuk rasa tersebut,  elemen yang terlibat adalah sejumlah Tokoh adat, PD. AMAN Seko dan Forum Komunikasi Pemerhati Seko (Fokus). Sebagaimana informasi yang berhasil di ... Read More »

Membakar Hutan di Seko Didenda 2 Juta

Wilayah Komunitas Adat Seko

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Membakar hutan di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, akan didenda 2 juta rupiah. Hal ini merupakan hukum adat yang mengurusi hutan dan tata aturan lingkungan hidup. Yermia Lampi sebagai pemangku adat Paroke’ Lopo mengisahkan bahwa sistem tersebut adalah bagian dari cara pengelolaan hutan oleh masyarakat adat, di Singkalong, salah satu dari 9 wilayah adat di Seko. “Di ... Read More »

Pejabat Konsulat AS Buka Peluang Kerjasama Program Dengan Wallacea

Pejabat bagian Politik dan Ekonomi Embassy of the United States of America Jett Thomason dan Staff Charly Raya berkunjung ke kantor Wallacea Palopo dalam rangka mendiskusikan peluang kerjasama program, Rabu (18/11/2015).

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Pejabat bagian Politik dan Ekonomi Embassy of the United States of America Jett Thomason dan Staff Charly Raya berkunjung ke kantor Wallacea Palopo dalam rangka mendiskusikan peluang kerjasama program, Rabu (18/11/2015). Jett Thomason yang menjabat sebagai konsulat menjelaskan peluang kerjasama program dengan NGO termasuk Wallacea dapat mempererat hubungan kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat. Dalam diskusi yang berlangsung ... Read More »

AMAN Seko Netral Dalam Pilkada Lutra

Aliansi Masyarakat Adat Indonesia (aman)

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Seko, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menyatakan, tidak akan terlibat pada politik praktis atau mendukung kepentingan politik kandidat tertentu, termasuk pilkada Lutra yang digelar 9 Desember mendatang. Ketua Pengurus Daerah (PD) AMAN Seko, Ilham saat ditemui di Masamba, Selasa (27/10) petang mengatakan. “Sikap PD AMAN Seko adalah menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat agar memilih ... Read More »

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com