BREAKING NEWS
You are here: Home » LINGKUNGAN

LINGKUNGAN

Ini Tuntutan Pengunjuk Rasa Ke PT Vale

Ini Tuntutan Pengunjuk Rasa Ke PT Vale

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Masyarakat Luwu Timur menggelar unjuk rasa menuntut PT Vale merealisasikan sejumlah isu-isu strategis yang merupakan aspirasi masyarakat. (Baca: Mau Pinjam Gedung, PT Vale Harus Koordinasi ke Kanada?) Aksi tersebut berlangsung di empat titik wilayah pemberdayaan, yakni di Kecamatan Malili, Wasuponda, Towuti, dan Nuha, Senin (14/11/2016). Aspirasi masyarakat setempat mencakup tiga isu utama sebagai berikut: Pertama: Adanya perubahan ... Read More »

Mau Pinjam Gedung, PT Vale Harus Koordinasi ke Kanada?

Masyarakat Luwu Timur menggelar unjuk rasa karena menganggap pejabat PT Vale kerap berbohong

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Masyarakat Luwu Timur menggelar unjuk rasa karena menganggap pejabat PT Vale kerap berbohong, pengunjuk rasa menuntut agar pejabat PT Vale dicopot. Ketiganya adalah Nico Kanter selaku Presiden Direktur PT Vale, Basri Kamba, dan Tri Rahman Batara. Aksi tersebut berlangsung di empat titik wilayah pemberdayaan PT Vale, yakni di Kecamatan Malili, Wasuponda, Towuti, dan Nuha. Tuntutan masyarakat ini ... Read More »

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ikatan Pelajar Mahasiswa Seko (IPMS) menyebut aksi dukungan terhadap pembangunan PLTA Seko yang berlangsung beberapa waktu lalu ditunggangi oleh pengusaha dan pemerintah. (Baca: Masyarakat Seko Demo Minta Pembangunan PLTA Jangan Dihalangi) IPMS juga mengecam pihak-pihak yang mengatasnamakan mahasiswa dan LSM yang mendukung pembangunan PLTA Seko. “Jangan bawa-bawa mahasiswa Seko untuk mendukung PLTA, kami masi solid tetap menolak ... Read More »

Masyarakat Seko Demo Minta Pembangunan PLTA Jangan Dihalangi

IPMS; Demo Dukungan Untuk PLTA Seko itu Ditunggangi Perusahaan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Ratusan Masyarakat bersama mahasiswa Seko berbondong-bondong mendatangi mendatangi kantor DPRD dan Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (19/7/2016). Dengan menempuh jarak 126 KM, mereka datang menggelar unjuk rasa mendukung masuknya investasi perusahaan listrik PLTA bisa masuk kewilayah mereka. Para Pengunjuk Rasa meminta agar PT Seko Power melanjutkan kembali suervei lapangannya guna menunjang percepatan terwujutnya PLTA di Seko. Selain ... Read More »

Aliansi Seko Menggugat Kembali Layangkan Penolakan Eksploitasi Seko

Pers Release; Aliansi Seko Menggugat

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Seko merupakan sebuah wilayah yang didiami oleh Masyarakat Adat Seko yang secara administratif berada dalam wilayah Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dengan luas ± 2.109,19 Km2 (± 210,919 ha), dengan 12 desa beratatus definitif. Penduduknya berjumlah 12.405 orang, terdiri dari 6.269 laki-laki dan 6.244 perempuan. Topografi nya yang sebagian besar berbukit-bukit dengan ketinggian antara 1.113 ... Read More »

Desa Nuha Terkurung Dalam Kawasan Hutan Lindung

Batas hutan lindung dan lahan kelola masyarakat masih menjadi masalah di Desa Nuha Kabupaten Luwu Timur, hal ini disebabkan desa Nuha masih berada dalam kawasan hutan lindung. Disisi lain masyarakat juga memanfaatkan wilayah mereka sebagai lahan pertanian. Hal ini disampaikan sejumlah warga dalam Sosialisasi Program Penguatan masyarakat lokal/ adat dalam perencanaan wilayah perlindungan ekosistem daerah Tangkapan Air Danau Matano yang dilaksanakan Perkumpulan Wallacea Palopo dan Burung Indonesia, Senin (01/3/16).

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Batas hutan lindung dan lahan kelola masyarakat masih menjadi masalah di Desa Nuha Kabupaten Luwu Timur, hal ini disebabkan desa Nuha masih terkurung dalam kawasan hutan lindung. Disisi lain masyarakat juga memanfaatkan wilayah mereka sebagai lahan pertanian. Hal ini disampaikan sejumlah warga dalam Sosialisasi Program Penguatan masyarakat lokal/ adat dalam perencanaan wilayah perlindungan ekosistem daerah Tangkapan Air ... Read More »

Seko Diserbu Perusahaan Tambang, ASM Desak Pemda Cabut Izin Perusahaan

Sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Seko Menggugat (ASM) menolak keras masuknya sejumlah perusahaan yang ingin mengeksploitas kekayaan alam Wilayah dataran Tinggi Luwu Utara itu. Hal ini disampaikan oleh perwakilan ASM melalui konfrensi pers di Coffe Holic Dg Sija Makassar, Kamis (03/3/16).

MAKASSAR, LAGALIGOPOS.COM – Sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Seko Menggugat (ASM) menolak keras masuknya sejumlah perusahaan yang ingin mengeksploitas kekayaan alam Wilayah dataran Tinggi Luwu Utara itu. Hal ini disampaikan oleh perwakilan ASM melalui konfrensi pers di Coffe Holic Dg Sija Makassar, Kamis (03/3/16). ASM menilai, Pemda Luwu Utara terlalu gampang memberikan perizinan kepada perusahaan demi alasan meningkatkan Pendapatan ... Read More »

PT Vale Bayar Pajak Water Levy Sebesar USD 6,6 Juta Ke Pemprov Sulsel

PT Vale Indonesia Tbk

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako Luwu Timur, telah membayar pajak air permukaan ke Pemerintah Provinsi Sulsel. Hal ini dikatakan langsung oleh Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Nico Kanter. Nico mengatakan, terkait penggunaan air di tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) itu mereka harus melakukan pembayaran untuk tahun 2015 sebesar USD 6,6 Juta ke Kas Pemerintah ... Read More »

Tambang Emas Ilegal Berkedok Galian C Beroperasi di Latimojong

tambang liar

BELOPA, LAGALIGOPOS.COM – Desa Kadundung adalah desa pertama yang di dapat saat akan memasuki Kecamatan Latimojong. Siapa yang menduga jika ada sebuah aktivitas tambang emas yang berkedok tambang Galian C yang di duga ilegal. Menurut warga yang sempat dikonfirmasi di Desa Kadundung ada 2 alat berat eskapator telah beroperasi dengan mempekerjakan 10 karyawan yang berasal dari luar daerah kabupaten Luwu. ... Read More »

Hutan di Luwu Rusak Parah, NGO Minta Program HKM Dihentikan

program HKM di Desa Bukit Sutra dan Desa Kaladi Darussalam yang tercantum dalam SK Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor: SK.32/ Menhut-II/ 2015 tertanggal 23 januari 2015 tentang Penetapan Areal Kerja Hutan Kemasyarakatan memperlihat luas hutan lindung yang masuk di dua desa ini seluas 3.115 hektar.

Program HKM di Desa Bukit Sutra dan Desa Kaladi Darussalam yang tercantum dalam SK Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor: SK.32/ Menhut-II/ 2015 tertanggal 23 januari 2015 tentang Penetapan Areal Kerja Hutan Kemasyarakatan memperlihat luas hutan lindung yang masuk di dua desa ini seluas 3.115 hektar. BELOPA, LAGALIGOPOS.COM – Melihat kondisi hutan di Luwu sudah terlalu rusak, Program Hutan ... Read More »

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com