BREAKING NEWS
You are here: Home » OPINI

OPINI

  • thumb1

    Sebuah Paradoks Kebangsaan

    OPINI | Identitas bangsa Indonesia seolah sedang diludahi oleh bangsanya sendiri, mereka sibuk mempe...

  • thumb2

    Lingkaran Setan Prasangka

    OPINI | Dalam hidup, kadang-kadang kita harus berhadapan dengan hal yang tak terduga.., Dua hari yan...

  • thumb3

    Mengkloning Ahok-Risma

    ”Ibu, kalau orang Jakarta tidak mau memilih Ahok, kirim saja ke sini, kami siap memilihnya…” Dari si...

  • thumb4

    Murka Anies Baswedan

    “Laporan dari BKLM tentang jumlah guru yang datang ke ULT Kemdikbud ini jangan pernah dipandan...

  • thumb5

    Musykilnya Representasi

    Almarhum Roland Barthes suatu kali pernah mengecam realisme seni sebagai “ideologi”, yan...

Sebuah Paradoks Kebangsaan

untitled

OPINI | Identitas bangsa Indonesia seolah sedang diludahi oleh bangsanya sendiri, mereka sibuk mempersoalkan mitos dan imajinasi yang tak kunjung tuntas, mereka tidak melihat kenyataan bahwa negeri ini masih banyak menyimpan sejuta kemelaratan. Lihatlah kepulan asap hitam yang keluar dari bilik sebuah gubuk kecil, tungkunya sudah tak mampu membakar apa-apa, bukan karena tetesan air hujan yang membasahinya, tapi memang tidak ... Read More »

Lingkaran Setan Prasangka

prasangka

OPINI | Dalam hidup, kadang-kadang kita harus berhadapan dengan hal yang tak terduga.., Dua hari yang lalu, saya berada di depan komputer dan tengah mencari-cari sudut pendekatan yang cocok untuk “Udar Rasa” ini. Pendeknya, saya tengah bengong di depan keyboard ketika, tiba-tiba “tululilit”, ada pesan masuk di telepon seluler saya. Saya buka, lalu wah saya langsung tahu: itulah topik saya. ... Read More »

Mengkloning Ahok-Risma

ahok risma

”Ibu, kalau orang Jakarta tidak mau memilih Ahok, kirim saja ke sini, kami siap memilihnya…” Dari sisi kepentingan personal, saya tidak punya hak pilih dan tak terkait apa pun dengan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Maka sebenarnya boleh saja saya tidak peduli, namun ternyata hati dan tangan ini terasa gatal, tak bisa untuk tidak peduli. Tiap hari membaca dan mendengar ... Read More »

Murka Anies Baswedan

anis baswedan

“Laporan dari BKLM tentang jumlah guru yang datang ke ULT Kemdikbud ini jangan pernah dipandang semata-mata sebagai data statistik untuk dianalisa. Tiap angka itu adalah seorang manusia harapan keluarga” Sabtu pekan lalu, Anies Baswedan seperti biasa menyempatkan diri menulis memo harian untuk jajarannya sembari menghabiskan waktu dalam perjalanan. Menulis memo, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, merupakan salah satu rutinitasnya menjaga ... Read More »

Musykilnya Representasi

sastra

Almarhum Roland Barthes suatu kali pernah mengecam realisme seni sebagai “ideologi”, yang menipu diri sendiri sebelum akhirnya menipu orang banyak. Sebenarnya lebih dari sekadar ideologi. Barthes juga menyebutnya “mitologi”. Realisme, kita tahu, berkeyakinan bahwa karya seni, termasuk sastra, merupakan representasi bagi kenyataan. Lihatlah realisme sosialis a la Georg Lukacs, misalnya, yang berpendapat bahwa karya sastra yang sefati haruslah merupakan representasi ... Read More »

Full Day School, Foucault dan Praktik Pendisiplinan Tubuh

Foucault

OPINI | Ada satu hal yang menarik dari sistem pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Ia senantiasa berubah sejalan dengan pergantian pucuk pimpinan kementerian terkait. Baru-baru ini, publik diramaikan dengan wacana sistem pendidikan “full day school” yang dilontarkan oleh Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI hasil resshufle yang menggantikan Anies Baswedan. Menurutnya, sistem full day school diharapkan memberi keleluasaan ... Read More »

Redup Gelora Jiwa Merdeka

hut ri 71

OPINI | Gelora jiwa merdeka bangsa ini terasa meredup. Percikan api semangatnya bahkan tak lagi berpijar kuat pada peringatan Hari Kemerdekaan. Kegairahan spontanitas rakyat untuk memeriahkan ruang publik dengan kibaran bendera dan umbul-umbul, kerlip lampu hias, aneka festival dan karnaval solidaritas multikultural terasa lebih senyap. Harapan kesemarakan tinggal mengandalkan inisitatif Istana, yang merencanakan peringatan yang lebih spektakuler, sebagai rekaan impresi ... Read More »

Citra Laki-Laki Dalam Iklan

cinta laki laki dalam iklan

Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak hanya memudahkan manusia untuk memperoleh informasi, tetapi pada saat yang sama juga membuat manusia mendapatkan berbagai macam simbol tentang dirinya. TV menjadi salahsatu media yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia melalui simbol pada iklannya. Sejumlah iklan di TV mencoba menghadirkan citra manusia ideal kepada penonton. Sebut saja iklan tentang laki-laki, di mana iklan media tersebut ... Read More »

Kolong; Hasil Bumi yang Gagal Dibawa Kabur

Kopi kolong dari seko dan rongkong

OPINI | Ada hal yang sedikit mengganggu setiap kali berkunjung ke kampung. Dia adalah beberapa hasil pergulatan petani dan bumi (kopi, beras, dan kakao) yang dibawa “kabur”. Hasil bumi tersebut dikemas dengan karung besar tanpa label, lalu diangkut oleh pengojek dan mobil truk ke kota, khususnya kopi dan kakao pasca panen. Entah oleh siapa, harga jual dan harga belinya berapa, ... Read More »

Pagar

pagar kayu

OPINI | Hanya pengembara dan penjelajah yang tahu: dunia tak dapat dipaparkan dengan batas yang keras. Ruang kehidupan tak pernah terpaku. Hidup tak dibangun dengan pagar. Tapi Kant memang bukan pengembara. Filosof ini, yang mengibaratkan pengetahuan manusia sebagai “sebuah pulau dengan banyak tapal batas”, lahir di kota Königsberg di timur laut Jerman dan meninggal di kota yang sama. Sejak 1724 ... Read More »

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com