OPINI

10 Profesi Baru tapi Memberi Gaji Besar

LAGALIGOPOS.COM – Kemajuan teknologi digital saat ini semakin tak terbendung. Kehadiran internet telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk bagaimana perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara interaksi, proses kegiatan ekonomi mulai dari proses produksi, distribusi hingga konsumsi.

Dari hari ke hari, pengguna internet di Indonesia semakin membludak. Data mutakhir yang pernah dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia akhir tahun lalu, menyebutkan, dari populasi sebanyak 256,2 juta jiwa di Indonesia, pengguna internet telah mencapai separuhnya, yaitu sekitar 132,7 juta.

Perinciannya, sebanyak 71,6 juta orang adalah pengguna aktif Facebook, lalu 19,9 juta orang pemakai aktif Instagram dan sebanyak 82,2 juta orang merupakan pengunjung situs belanja daring.

Infiltrasi internet yang semakin luar biasa ini mau tidak mau turut meningkatkan pula pamor industri teknologi informasi. Seiring dengan itu, kebutuhan sumber daya manusia dengan keahlian spesial tentang digital semakin meningkat. Begitu juga kegemaran masyarakat bermedia sosial yang meningkatkan kebutuhan orang untuk bernarsis ria. Jasa terkait foto dan tampilan fisik turut melonjak.

Perubahan sosial ini melahirkan pula berbagai jenis profesi baru yang semula kurang dikenal bahkan tidak ada, kini justru menjadi profesi favorit karena memberikan gaji besar. Penasaran apa saja profesi-profesi baru itu?

1. SEO Specialist

Miliaran orang mencari informasi apapun melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Alhasil, mesin pencari menjadi salah satu kanal pemasaran yang mustahil diabaikan di era digital ini.

Inilah mengapa profesi SEO (Search Engine Optimization) Specialist semakin banyak dibutuhkan saat ini, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kanal digital. Keahlian ini masih terbilang langka, sehingga perusahaan banyak yang membayar cukup mahal untuk posisi ini. Di banyak perusahaan, posisi SEO Specialist bisa mendapat gaji besar di atas dua digit.

2. Web developer

Penggunaan internet semakin tinggi, banyak  perusahaan mau tidak mau harus menyasar ranah digital agar jangkauan pemasaran semakin luas.

Nah, agar bisa bersaing, hampir semua perusahaan perlu memiliki alamat daring berupa website. Di sinilah, peran web developersangat dibutuhkan. Gajinya juga tak main-main, lho. Banyak perusahaan memberikan gaji besar di atas Rp 20 juta untuk posisi ini.

3. Data Scientist

Jutaan aplikasi atau platform terlahir di tengah booming internet. Data pengguna internet itu berseliweran dan menjelma menjadi Big Data yang sangat berharga bila diolah. Data para pengguna internet sangat bermanfaat untuk mengefektifkan strategi pemasaran sebuah perusahaan.

Di sinilah tenaga data scientist sangat dibutuhkan. Mereka ini memiliki keahlian membaca data-data tersebut menjadi sebuah data yang berbunyi dan bermanfaat bagi pengembangan bisnis. Profesi ini tidak terdengar di era 1990-an, tapi saat ini pamor seorang data scientist tengah naik daun dengan gaji besar.

4. Food Stylist

Bila dahulu jasa food stylist mungkin hanya dicari untuk kebutuhan materi iklan sebuah produk makanan atau rubrik masakan majalah, maka saat ini peran food stylist semakin naik daun seiring kian beragamnya kanal pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Misalnya, untuk content iklan digital.

Tarif jasa seorang food stylist terbilang tinggi karena profesi ini masih tergolong langka di Indonesia. Untuk sekali proyek, jasa food stylist bisa di atas Rp 50-an juta.

5. Animator

Profesi animator juga semakin banyak dicari saat ini seiring meningkatnya pemakaian internet yang kian tinggi. Terlebih dengan kehadiran teknologi virtual reality dan augmented reality.

Konten berupa VR atau AR banyak dibutuhkan untuk memproduksi materi pemasaran sebuah merek. Alhasil, banyak perusahaan membutuhkan jasa animator. Bayaran seorang animator pun kian melambung.

6. Social Media Specialist

Kehadiran media sosial banyak membawa perubahan signifikan pada pola komunikasi masyarakat. Terlebih di Indonesia di mana orang-orangnya sangat menggemari media sosial.

Kehadiran seorang social media specialist kian banyak dibutuhkan untuk membantu strategi pemasaran agar lebih optimal memakai kanal media sosial.

7. Digital Marketers

Ini masih terkait dengan perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Bila dahulu, kita hanya tahu televise, radio dan kanal iklan konvensional seperti pamflet, leaflet, billboard, dan lain-lain untuk promosi, maka kini ada kanal digital yang sulit diabaikan.

Seorang pemasar digital harus menguasai SEO, strategi media sosial, hingga produksi content digital yang efektif untuk membangun merek ataupun untuk pemasaran. Dengan tuntutan skill yang lengkap, tidak heran bila seorang digital marketer bisa mendapatkan gaji tinggi hingga ratusan juta rupiah.

8. Make Up Artist

Sebenarnya profesi sebagai penata rias wajah sudah sejak dahulu ada. Namun, belakangan ini semakin naik daun seiring dengan semakin tingginya kebutuhan orang untuk tampil cantik dan menarik. Terutama seiring pamor media sosial yang kian meningkatkan hasrat orang bernarsis ria.

Orang bukan hanya mencari jasa seorang make up artist ketika tengah melangsungkan hajat besar seperti pernikahan, tapi untuk acara sehari-hari pun tidak sedikit kalangan yang memakai jasa perias wajah. Tarif jasanya make up artist  cukup besar bisa puluhan juta rupiah untuk sekali sesi rias.

9. Newborn Photographer

Dahulu kala, ketika bayi lahir, para orangtua mungkin akan membawanya ke studio foto atau memotret si jabang bayi sendiri dengan kamera biasa. Pose si bayi pun biasa-biasa saja. Namun, seiring dengan kehadiran media sosial yang semakin digemari, ditambah dengan kemajuan teknologi fotografi digital, orang tak lagi puas memotret bayinya dengan pose yang biasa-biasa saja.

Bayi merah yang belum berumur 2 bulan pun kini bisa dipotret dengan berbagai pose unik yang membuat decak kagum. Tentu diperlukan skill khusus untuk menghasilkan foto newborn baby yang unik dan oke. Di sinilah jasa newborn photography makin banyak dicari orang. Di Indonesia, profesi ini tergolong baru. Harga jasanya juga cukup mahal.

10. Buzzer/Influencer/Endorser

Lagi-lagi terkait dengan booming media sosial di mana-mana. Social media telah menjadi salah satu kanal  pemasaran yang sangat efektif untuk membangun brand awareness hingga untuk menjual sebuah produk.

Nah, kehadiran para selebgram, selebtwit, seleb Facebook, yakni mereka yang memiliki banyak follower di media sosial, juga banyak dimanfaatkan untuk pemasaran tersebut. Lahirlah profesi baru yaitu buzzer atau influencer. Bukan hanya memasarkan sebuah produk biasa, seorang buzzer juga banyak dibutuhkan untuk kebutuhan para politisi. Tarif jasanya sudah pasti mahal.

Seorang endorser di Instagram sebagai contoh, sekali posting materi endorse bisa mendapat fee hingga puluhan juta rupiah!

Itulah 10 profesi yang terbilang baru dikenal saat ini namun sudah bisa memberikan tawaran gaji besar dan bayaran selangit. Tertarik menjajaki?

Sumber: halomoney.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top