BERITA PILIHAN

240 KK di Lutim Terima Bantuan Rehab Rumah

Malili, Lagaligopos.com – Warga di dua desa di kecamatan Kalaena yakni Pertasi Kencana dan Kalaena Kiri Kabupaten Luwu Timur patut bersyukur, pasalnya sebanyak 240 Kepala Keluarga (KK) menerima buku tabungan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) TA 2013 yang bersumber dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Selain program BSPS, Pemkab Luwu Timur juga menyerahkan buku tabungan bagi 195 warga melalui program Bantuan Stimulan Bedah Rumah (BSBR) dari APBD Luwu Timur TA 2013.

Penyerahan dilakukan Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma di gedung serbaguna Kecamatan Kalaena, Senin (25/11/2013).

Turut hadir dalam penyerahan tersebut, Satker dari BSPS TA 2013 Kementerian Perumahan, Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dan Ketua DPRD Luwu Timur, HM Thorig Husler.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Askar mengatakan program bantuan stimulan ini yang akrab disebut bedah rumah telah dimulai sejak tahun 2007 hingga sekarang, baik yang bersumber dari kementerianmaupun dari APBD Luwu Timur dengan jumlah rumah yang telah diperbaiki sebanyak 1.1913 unit dengan rincian APBN berjumlah 1.114 unit dan APBD sebanyak 799 unit.

Untuk tahun ini, kata Askar Kemenpera dengan sistem tuntas desa mengalokasikan sebanyak 247 unit dengan anggaran perunitnya mencapai Rp. 7.500.000 bagi dua desa di Kecamatan Kalaena. Untuk Desa Pertasi Kencana sebanyak 66 unit dan Desa Kalena Kiri sebanyak 181 unit. Sedangkan rehab yang bersumber dari APBD Luwu Timur dialokasikan bagi 5 unit perdesa/kelurahan yang tersebar di  124 desa/kelurahan dengan anggaran perunit mencapai Rp. 5.000.000.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma mengatakan Permasalahan rumah tidak layak huni yang dimiliki oleh sebagian masyarakat merupakan masalah yang sangat kompleks. Tentu saja, penanganannya tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan diperlukan adanya kerjasama secara sinergis dan harmonis dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat (stakeholder) baik pemerintah pusat maupun daerah, dunia usaha, masyarakat, LSM dan elemen lainnya.

“Saya berharap bantuan perumahan swadaya masyarakat ini diperuntukkan bagi mereka yang berhak, dan dapat dikelola dengan baik” kunci Hatta. (hr/hms)

 

Sumber: luwutimurkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top