CITIZEN REPORT

Akun Facebook Wali Kota Palopo Ternyata Palsu

Palopo, Lagaligopos.com – Kepala Bagian Humas Pemkot Palopo, Baso Akhmad, menyatakan bahwa akun facebook M Judas Amir yang beberapa hari ini sangat aktif menyapa para facebooker adalah merupakan akun palsu atau abal-abal. Menurut Kabag Humas ini, Wali Kota Palopo hingga saat ini belum memiliki akun resmi di facebook, maupun di twitter.

“Dapat kami sampaikan bahwa Wali Kota Palopo belum memiliki akun pada facebook maupun media sosial lainnya. Saat ini, Wali Kota masih menggunakan fanpage HUMAS PEMKOT PALOPO pada facebook, untuk menjaring aspirasi warga Palopo jika ingin menyampaikan masukan, kritik dan keluhan atas pelayanan publik”, jelasnya.

Selain itu, Baso Akhmad juga menyatakan bahwa Bagian Humas juga memiliki akun resmi di twitter yang dapat digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan Wali Kota Palopo.

Menurutnya, akun @HumasPalopo hingga saat ini sudah sering menindaklanjuti pertanyaan, masukan dan kritik yang disampaikan oleh warga Palopo. Baso Akhmad menambahkan bahwa segala saran, pertanyaan dan kritik tersebut senantiasa dirinya sampaikan kepada Wali Kota Palopo. 

“Sebagai leading sector dalam melakukan hubungan langsung dengan masyarakat, kami memang bertanggungjawab menjadi corong pemerintah. Kami merespon segala macam keluhan, pertanyaan dan saran dari warga yang disampaikan melalui media sosial. Tidak semua memang harus diteruskan kepada Bapak Wali Kota. Hal-hal yang bisa ditangani langsung oleh Kepala Dinas, Badan atau Kantor lingkup Pemkot Palopo, langsung kami forward ke kepala dinas yang bersangkutan. Nanti kalau menyangkut kebijakan yang memang harus direspon oleh Wali Kota, barulah kami sampaikan kepada beliau. Sejauh ini, komunikasi warga Palopo melalui media sosial memang sangat efektif. Sudah banyak yang kami forward ke kepala dinas, dan itu langsung ditindaklanjuti”, jelas Kabag Humas.

Baso Akhmad mencontohkan bahwa beberapa waktu seorang warga Palopo melaporkan kondisi lampu pengatur lalulintas di perempatan Jalan Andi Jemma-Mungkasa yang mengalami gangguan pada tengah malam. Informasi ini segera diteruskan oleh Kabag Humas kepada Kadis Perhubungan dan Kominfo, Waras Rasyid. Alhasil esok pagi lampu pengatur lalu lintas itu langsung diperbaiki oleh pegawai Dinas Perhubungan dan Kominfo.

Lanjut Kabag Humas, dirinya menyatakan bahwa akun abal-abal Wali Kota Palopo yang memiliki nama M Judas Amir pada facebook telah memiliki pertemanan sebanyak 130 teman. Hal ini sebut Kabag Humas sangat rawan untuk menyebarluaskan informasi sesat di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar warga Palopo tidak menerima pertemanan dan tidak merespon apapun yang menjadi informasi yang dikeluarkan melalui akun tersebut.

“Jika ingin berkomunikasi dengan Wali Kota Palopo, kami menyiapkan fanpage HUMAS PEMKOT PALOPO pada facebook. Selain itu, silahkan juga mengikuti @HumasPalopo pada twitter, atau langsung menyampaikan masukan, pertanyaan dan keluhan di website resmi Pemerintah Kota Palopo di www.palopokota.go.id. Kami menyiapkan tiga kanal ini sebagai saluran resmi untuk berkomunikasi dengan Bapak Wali Kota. Semua masukan, pertanyaan dan keluhan tentu kami akan laporkan ke Bapak Wali Kota dan insya Allah segera ditindaklanjuti oleh jajarannya”, kunci Baso Akhmad.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top