METRO

Bahaya DBD Ancam Balita di Lutim

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Memasuki musim hujan, bahaya Deman Berdarah Dengue (DBD) ancam balita di Luwu Timur. Hingga saat ini, jumlah penderita yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) l Lagaligo Wotu semakin bertambah.

Menurut direktur RSUD I Lagaligo, Rosmini, Kebanyakan penderita DBD adalah anak-anak, berusia satu tahun hingga delapan tahun.

“Kebanyakan anak-anak yang terserang penyakit DBD mengalami demam, panas tinggi, bintik-bintik merah di bagian kaki, tangan dan tubuh, serta mengalami mual-mual dan sakit perut,” kata Rosmini, Sabtu (02/1/16).

Dari data korban, dalam sehari ada lima sampai delapan pasien DBD yang masuk di rumah sakit I Lagaligo. “Sejak Desember hingga sekarang, sekitar 30 kasus DBD yang telah kami tangani, semuanya dirawat di rumah sakit ini,” kata Rosmini

Dengan banyaknya pasien, kata kata Rosmini, Unit Transfusi Darah (UTD) RS I Lagaligo Wotu kewalahan, karena mereka membutuhkan darah. “Satu pasien kadang butuh 8 katong darah, sementara stok darah di UTD saat ini kurang,” kata Rosmini.

Reporter: Rima Tombo

Editor: Rima Tumbo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top