BERITA PILIHAN

Guru Besar IAIN Palopo Bertambah Lagi

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar rapat senat terbuka pengukuhan Guru Besar, Prof. Dr. Hamzah Kamma, M.HI, Senin, (10/7/2017). Dihadiri Rektor, Ketua Senat dan ratusan civitas akademika, acara pengukuhan itu berlangsung hikmat dan penuh suka cita.

Dalam kesempatan itu, Guru Besar dalam bidang Hukum Islam itu membawakan orasi ilmiah berjudul Urgensi Maslahat dalam Pembaharuan Hukum Islam  di Era Global. “Mashlahat adalah salah satu metode ijtihad yang dapat digunakan dalam pembaruan hukum Islam yang sering digunakan para pakar Islam,” ungkapnya.

Prof Hamzah melihat pentingnya “Mashlahat” dalam penerapan hukum Islam karena zaman yang telah berubah akibat globalisasi dalam segala bidang. “Para cendikiawan bermasud menguju hukum islam dalam konteks kekinian, sehingga bisa diandalkan dimasa kini. Mengkaji ulang hukum Islam bermaksud mengembalikan aktualisasinya,” terangnya.

Diujung orasi ilmiahnya, Prof Hamzah menekankan relevannya penerapan hukum Islam dalam dunia global karena banyak persoalan baru yang muncul yang perlu penetapan hokum, “agar Islam mudah dipahami dan diamalkan dan tidak menyulitkan umat, karena Islam adalah rahmat bagi sekalian alam”.

Reporter: Rima Tumbo

Editor: Aswan

1 Comment

1 Comment

  1. Waone

    11/07/2017 - 18:25 PM at 18:25

    Selamat untuk IAIN palopo
    Semoga semakin maju dan berdaya saing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top