BERITA PILIHAN

Hutan Desa Kalotok Dirambah, Warga Khawatir Longsor

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Kondisi Hutan Desa Kalotok Luwu Utara khawatirkan warga. Terlebih setelah terjadi longsor di gunung yang disebut warga dengan Pondongai. Pembalakan liar pada daerah pegunungan terjal itu diduga menjadi penyebab longsor.

Menurut salahsatu warga desa Kalotok Agustam, pembalakan liar yang di lakukan sejumlah orang dari desa Kalotok telah menyebabkan pegunungan yang terjal mengalami longsor.

“Longsor yang terjadi baru-baru ini di gunung daerah Pondongai karena pepohonan yang selama ini menahan tanah telah di tebang. Disekitar longsoran warga dapatkan bekas aktifitas  penebangan dengan senso gergaji mesin,” kata Agustam, Minggu (17/7/2017).

Sementara itu, Nurtin yang juga masyarakat Kalotok bercerita bahwa pada masa lalu masyarakat asli Kalotok masih berkebun di daerah pegunungan, kawasan Pandongai dan sejumlah titik dipegunungan tak pernah dirambah. Kawasan ini dikenal dengan gunungnya yang terjal dan ditumbuhi banyak pepohonan besar.

Nurtin menambahkan jika pembalakan liar tak segera dicegah maka akan terjadi longsor yang lebih besar. Ketika musim hujan bisa saja material longsor akan akan menutupi sungai yang dikhawatirkan terjadi banjir lumpur yang dapat menjangkau pemukiman warga.

“Sejak dulu, banyak tempat yang memang di larang oleh orang tua untuk tidak di ganggu karena bisa menyebabkan bencana, namun sejumlah orang dari luar desa masuk dan menebangi pepohonan di daerah itu,” ujar Nurtin.

Nurtin mengharapkan perhatian pemerintah utamanya Dinas Kehutanan untuk menindak tegas pembalakan liar di hutan desa Kalotok.

Reporter: Acep Crissandi

Editor: Rima Tumbo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top