BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Indah: Penyuluh Lapangan Adalah Garda Terdepan Pembangunan
Indah: Penyuluh Lapangan Adalah Garda Terdepan Pembangunan

Indah: Penyuluh Lapangan Adalah Garda Terdepan Pembangunan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Wakil Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriyani menyatakan Penyuluh menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa, Rabu (22/4/15). Hal ini diungkapkan ketika membuka acara kegiatan “Lokalatih Pemetaan Partisipatif dan Geographic Information System (GIS)” di Aula  Wakil Bupati Luwu Utara yang diikuti 35 peserta, 25 dari  Badan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kelautan (BP3K), sisanya dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPDK).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Perkumpulan Walacea Palopo, Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Tokalekaju dan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) dan bekerjasama dengan Pemda Luwu Utara.

Indah menjelaskan bahwa penyuluh pertanian merupakan garda terdepan di masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa. Dalam kegiatan itu, peserta yang hadir diprioritaskan penyuluh pertanian, perikanan dan kelautan.

“Penyuluh desa adalah orang-orang yang paham betul potensi dan keadaan desa, sebab mereka yang sering berinteraksi dengan kehidupan masyarakat dan pemerintah desa, sehingga menjadi tumpuan terdepan dalam menyuplai data untuk perencanaan pembangunan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Deni Rahardian selaku Koordinator JKPP menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia penyuluh desa dalam hal pemetaan yang partisipatif dan berbasis tehnologi, sehingga hasil yang diharapkan penyuluh kedepannya dapat memberikan data yang real dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk mendorong pembangunan daerah.

“Kegiatan Lokalatih Pemetaan Partisipatif dan Geographic Information System (GIS) bertujuan agar peserta kegiatan dapat memahami pemetaan partisipatif serta bagaimana menggunakan sofware serta alat alat yang digunakan, dengan demikian penyuluh mampu menunjukkan data real lokasi potensi wilayah desa sehingga perencanaan pembangunan berbasis data real dan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

 

Reporter: Hajar
Editor: Acep Crisandy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com