BERITA PILIHAN

P2BN Lutim Optimis Target Produksi Beras Tercapai

Malili, Lagaligopos.com – Produksi beras di Kabupaten Luwu Timur tahun 2013 ditargetkan mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan pangan, prediksi ini dimungkinkan dengan diberlakukannya program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN).

Hal itu disimpulkan Sekretaris Daerah Luwu Timur Bahri Suli saat membuka rapat Posko P2BN yang digelar Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (PPP) Kabupaten Luwu Timur diikuti para camat  se Kabupaten Luwu Timur, Kepala Desa, Para Penyuluh Pertanian dan Petugas Teknis Dinas PPP, Kepala Ranting Bendung Kalaena serta Ketua dan Pengurus poktan.

Untuk meningkatkan kebutuhan pangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengalokasikan APBD untuk pendampingan dana APBN dalam rangka mengupayakan peningkatan produksi padi dengan penerapan kegiatan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) padi non hibrida seluas 13.000 Ha yang tersebar diseluruh kecamatan, selain itu juga dilaksanakan penerapan SL-PTT Jagung hybrid seluas 1.000 Ha.

Keberhasilan Program P2BN  tentunya juga dibutuhkan kerja keras secara sinergis oleh SKPD serta dukungan dari para Camat dan Kepala Desa sebagai pemilik masyarakat petani untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan.

“Dengan dilaksanakanya Kegiatan SL-PTT di Kabupaten Luwu Timur Sekda berharap peningkatan produktifitas padi non hibrida dapat mencapai 224.914,14 ton, jagung 32.400 ton serta kedelai 62,40 ton  sesuai Nota Kesepahaman (MoU) yang telah dibuat tahun 2013 dengan Gubernur Sulawesi Selatan dapat tercapai,” ungkap Bahri yakin

“saya yakin target ini dapat tercapai, terlihat dari semangat kerja dari para petani tanaman pangan yang ada di Kabupaten Luwu Timur” tambahnya.

Untuk mendukung program tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Bahri Suli juga berkesempatan menyerahkan bantuan sosial  sarana pasca panen sebanyak 3 unit Hand Tractor kepada Kelompok tani Margolembo Desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana, Kelompok Tani Tunggal Roso I Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalaena dan Kelompok Tani Sekar Tani Desa Manunggal Kecamatan Tomoni Timur.

Rapat yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang, Kamis (26/09) juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur H. Amal Fahri, Kepala IP3OPT Wilayah I Luwu Samsul Patta, SP, Direktur PT. Bumi Timur Agro Bakri Madong, Kepala Dinas PPP Muharif dan Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Nursih Hariani.(ophy/hms)

 

Sumber: luwutimurkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top