POLITIK

Pasca Pleno KPU, “Palopo Jadi Lautan Api”

Palopo, lagaligopos.com – Sebelum Peleno penetapan pemenang calon walikota dan calon wakil walokota oleh KPUD Kota Palopo, massa dari pasangan Haidir Basir dan Andi Tamrin Jufri (HATI) calon nomor urut 5 sudah merangsak ke kantor KPU (31/032013).

Pleno KPU dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dan berakhir pukul 11.00 Wita. Pas setelah perngumuman hasil pleno KPU yang menetapkan Judas Amir dan Akhmad Syarifuddin sebagai walikota terpilih dengan selisih 738 suara dari pasangan Haidir Basir dan Andi Tamrin Jufri, massa yang berada diluar knator KPU langsung bereaksi.

Persis setelah pengumuman hasil pleno KPU tersebut, kantor kecamatan Wara Timur dibakar oleh massa, kejadian ini sekitar pukul 11.00 Wita.

Setelah itu massa yang berkumpul didepan kantor KPU Kota Palopo bergerak menju kator Partai Golkar Kota Palopo dan membakar gedung tersebut, kejadian ini terjadi sekitar pukul 13.00 Wita.

Beberapa menit kemudian massa kembali bergerak menuju Kantor PANWAS Kota Palopo dan membakar kantor tersebut, kejadian ini terjadi hanya berselang sekitar 20 menit setelah pembakaran kantor Partai Golkar.

Kemudian, massa kembali bergerak menuju kantor Walikota Palopo dan membakar kantor ini, kejadian ini terjadi hanya berselang 10 menit setelah pembakaran kantor Panwas.

Lima menit kemudian, massa kembali bergerak menuju Kantor Palopo Pos dan membakar kantor ini, pembakaran kantor ini terhadi sekitar 13.45 Wita.

Pembakaran kator pemerintah dan fasilitas umum lainnya adalah akumulasi dari kekecewaan massa pendukung pendukung HATI, calon pasangan nomor urut 5 atas hasil keputusan pleno KPU Kota Palopo.

Sejak berita ini diturunkan, Kota Palopo masi mencekam dan dalam kondisi siaga satu. Pihak kepolisian tampaknya kewalahan meredam amuk massa karena konsentrasi massa yang tersebar dibeberapa. (Akbar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top