HUKUM

Legislator Nasdem Jadi Tersangka Dokumen Palsu dan Penyerobotan Lahan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Kepolisian Resort Luwu Utara, menetapkan Rudi Hartono yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai tersangka dalam kasus pembuatan dokumen palsu dan penyerobotan lahan.

“Setelah dilakukan gelar perkara, pada hari ini, anggota dewan inisial RH telah ditingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka dalam kasus dokumen palsu dan penyerobotan lahan,” kata Kapolres Lutra, AKBP Muhammad Endro saat menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan di Mapolres Lutra, Selasa (28/4/15).

Menurutnya, legislator Nasdem tersebut dinyatakan sebagai tersangka atas kasus membuat dokumen palsu untuk penyerobotan lahan masyarakat atas nama Satar, seluas 2 hektar di Desa Katulungan, Kecamatan Sukamaju, Lutra.

Sedang, Kasat Reskrim Polres Lutra, AKP Mukhlis mengungkapkan bahwa pihaknya telah melayangkan surat pemanggilan pemeriksaan sebagai tersangka tertanggal 28 April 2015 dengan nomor S.Pgl/148/IV/2015/Reskrim.

“Hasil penyelidikan dan hasil kesaksian para saksi beserta barang bukti, tim penyidik sudah menetapkan RH sebagai tersangka. RH dijerat pasal 263 ayat 1, 2, dan 3. Jo pasal 55 KUP Pidana dan pasal 6 ayat 1 a, b, dan c. Undang-Undang nomor 51 Prp tahun 1960 tentang larangan pemakaian tanah tanpa ijin yang berhak atau kuasanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Satar (Pemilik sah tanah) menuturkan bahwa awalnya orang tua tersangka RH hanya sebagai pengelola tanah seluas Dua hektar lebih milik Jufri. Kemudian pada tahun 2014 Jufri menjual lahan tersebut kepada dirinya.

“Awalnya masalah ini saya harap diselesaikan secara baik-baik. Tapi komunikasi tidak lancar terpaksa diselesaikan melalui jalur hukum. Lahan itu telah saya beli dari Jufri, sementara orang tua RH dulunya hanya pengelola lahan. Namun setelah orang tuanya meninggal, RH malah membuat dokumen palsu dan mengklaim lahan itu sebagai lahan warisan orang tuannya,” jelasnya.

 

Reporter: Ai

Editor: Rival Pasau

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top