METRO

Rincian Penggunaan APBD Lutra Akan Dibagikan Ke Publik

Masamba, Lagaligopos.com – Langkah transparansi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Luwu Utara yang disahkan beberapa waktu lalu, akan dibagikan kepada publik dalam bentuk kalender baru  Kalender APBD Lutra 2014.    

Kepala Bappeda Lutra, Bambang Irawan mengatakan, pembuatan Kalender APBD itu merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam membuka selebar-lebarnya penggunaan anggaran kepada masyarakat. Rencananya, Kalender APBD itu akan disebar sampai ke desa-desa.
    
“Biar masyarakat desa tahu desanya dapat berapa anggaran dan dalam bentuk apa saja programnya. Nanti lokasi pemasangan kalender ditentukan kepala desa,” ujar Bambang, Jumat (03/01/2014).
    
Dengan Kalender APBD itu, masyarakat juga diharap berperan aktif dalam mengawasi penggunaan anggaran yang dilakukan masing-masing unit kerja. Dia mengatakan, pengawasan menjadi bagian penting dalam meningkatkan pembangunan daerah.
    
“Program kalender yang kita akan laksanakan ini memang masih tergolong baru. Tapi kami yakin dampaknya bisa luar biasa,” katanya.
    
Bupati Luwu Utara, Arifin Junaidi meminta anggota DPRD untuk mendukung program Kalender APBD tersebut. “Saya minta anggota DPRD juga berinisiatif untuk menyediakan informasi APBD kepada masyarakat di daerah pemilihannya,” kata Arifin.
    
Kalender APBD ini, sebut Arifin, berisi program kegiatan yang akan dilakukan sepanjang 2014. Setiap lembar kalender APBD juga mencantumkan nomor kontak pengaduan yang dapat dihubungi oleh warga. Nomor itu disiapkan bagi warga yang mencurigai adanya masalah pada proyek-proyek pemerintah. 
    
Bupati berharap kalender APBD itu nantinya direspon dengan baik oleh masyarakat. “Ini sebagai langkah perbaikan dan peningkatan kinerja pemerintah satu tahun ke depan,” ujarnya. (shd/aha/Fajar.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top