METRO

USAID Bantu Tingkatkan Kualitas Kesehatan di Luwu

Belopa, Lagaligopos.com – United States Agency for International Development (USAID) bekerjasama dengan FIK ORNOP, PEMDA Luwu, KINERJA Improving Public Services melakukan kegiatan Tranining Advokasi, Mediasi, Fasilitasi dan Monitoring bagi MSF (multi stakeholder forum) khusus untuk kesehatan.

Bertempat di hotel subur belopa dalam kegiatan itu hadir 15 orang peserta dari kalangan perawat, bidan, kepala desa dan organisasi pemuda. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiata ini seperti yang disampaikan oleh Heru Bambang Sudibyo mengatakan, “ini sebagai sebuah usaha untuk meningkat kuwalitas pelayanan kesehatan dimana kita melihat sesuai data yang ada bahwa dalam kasus ibu melahirkan dalam 100.000 terdapat 350 kasus kematian ibu,” kata Heru, Sabtu (28/9/2013)

Terkhusus di Luwu dalam kata sambutannya Heru mengatakan, “sampai hari ini di Luwu mendapat predikat rengking 1 kematian balita di sul sel”.

Selain itu salah satu fasilitator juga menyampaikan, “ada beberapa persoalan mengenai kesehatan yang senantiasa menjadi masalah pertama aparat kesehatan, fasilitas, dan kebijakan. Nah melalui pelatihan ini dan dibentuknya forum kesehatan yang bekerjasama dalam penelitian, pengawalan dan program di masyarakat dengan persoalan yang ada dan diberikan solusi”.

Dalam pelatihan tersebut disampaikan beberapa persoalan yang menghambat pelayanan kesehatan, diantaranya:
1. Faktor kultural
2. Banyak hal yang tidak tersampaikan ke masyarakat terkait program.
3. Di puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan tak ada proses dialogis.
4. Puskesmas hanya sebagai operator dan tempat pengobatan.
5. Banyak masalah yang bukan masalah kesehatan menghambat pelayanan kesehatan contohnya kurangnya kesadaran masyarakat tentang tertib administrasi.
6. Karna tak ada yang memfasilitasi antara masyarakat dan petugas kesehatan.

Dalam kegiatan ini peserta di beri materi advokasi yang bersifat umum. Selain itu, Heru Bambang sudibyo menambahkan, “Harapan kita kedepan agar puskesmas bisa menjadi laksana rumah keluarga antara bagi masyarakat dan petugas kesehatan”. (AC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top