OPINI

Wajah Ganda Politik

LAGALIGOPOS.COM – Politik selalu memperlihatkan wajahnya yang ganda; wajah arif bijaksana sekaligus licik; wajah luhur sekaligus busuk; wajah jujur sekaligus penuh tipu daya; wajah humanis sekaligus anti-humanis; wajah moralis sekaligus amoralis.

Politik kerap tampil dengan wajah sangat kelam, ketika ia dibangun oleh aktor-aktor yang penuh akal busuk, pikiran kotor, rencana jahat, skenario menakutkan, sifat rakus dan hasrat tak terbendung—inilah politicum horrobīlis.

Akan tetapi politik juga bisa tampil dengan wajah mencerahkan, ketika ia dibangun oleh aktor-aktor yang penuh pengabdian, keluhuran cita, kesucian jiwa, kerendahan hati dan kesederhanaan hidup—inilah politicum hērōis.

Adalah wajah politik yang buruk rupa, penuh tipu daya, sarat kepalsuan, kaya manipulasi seperti itulah yang tampil di dalam panggung politik dunia akhir-akhir ini. Di dalam era yang dipenuhi oleh berbagai intrik, jebakan dan perangkap, politik dan politikus tampil dengan wajah yang penuh absurditas, ironi dan tragedi; tekanan, pemaksaan dan represi; pemalsuan, kesemuan dan simulasi. Tidak saja ruang-ruang politik dipenuhi oleh berbagai kekerasan fisik yang mencirikan sifat inhumanitas, akan tetapi juga berbagai kekerasan pada tingkat bahasa dan simbol-simbol politik—symbolicum horrobīlis.

Perkembangan globalisasi ekonomi, informasi dan kultural yang diharapkan banyak pihak dapat menciptakan sebuah era baru, yang di dalamnya dapat dihasilkan sebuah Pencerahan Politik, pada kenyataannya berkembang ke arah yang bertentangan arah, yaitu ke arah kegelapan kemanusiaan.

Era globalisasi yang di dalamnya tercipta sebuah dunia yang terbuka, transparan dan demokratik, pada kenyataannya tidak mampu melenyapkan wajah-wajah buruk rupa kekuasaan di dalamnya: wajah tiran yang haus kekuasaan; wajah Fasis yang haus pujaan dan hasrat megalomania; wajah barbar yang haus darah dan kekerasan; wajah kolonial yang haus kekayaan dan teritorial.

Sumber: Even [Studi Humanika] Transpolitika: Permainan Citra dan Realitas Sosial-politik di dalam Era Virtual

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top