BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Walikota Evaluasi Kinerja Camat dan Lurah
Walikota Evaluasi Kinerja Camat dan Lurah

Walikota Evaluasi Kinerja Camat dan Lurah

Palopo, Lagaligopos.com – Asisten 1 Pemerintah Kota Palopo H Hatta Toparakkasi mengatakan tugas dan fungsi pokok camat, lurah dan kepala lingkungan  sesungguhnya  tidak hanya bersifat administratif  tetapi juga berfungsi  untuk mengembangkan  komunikasi dan interaksi pembangunan di berbagai bidang. Untuk itulah salah satu sikap yang sangat dibutuhkan adalah sikap tanggap, responsif terhadap berbagai aspirasi serta keluhan-keluhan masyarakat.

Menurutnya camat dan lurah sebagai ujung tombak Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat diharapkan terus menjalin komunikasi  dengan warganya masing-masing.  Mereka  harus   secara  intens menyapa dan mengajak masyarakatnya  berkomunikasi, tanya apa yang menjadi kebutuhan  masyarakat, terutama menyangkut dalam urusan administrasi pemerintahan.

“ Ajak dan selalu bantu serta bimbingmasyarakat mana yang bisa dibantu dalam rangka mereka memenuhi kebutuhan dasar, terutama menyangkut  pelayanan administrasi di bidang pemerintahan,”  kata Toparakasi pada saat rapat koordinasi (Rakor) camat lurah di Gedung Pertemuan TP PKK Kota Palopo, Senin (29/9/14).

Ditegaskan Toparakasi tugas dan amanah yang telah diberikan pimpinan harus dilaksanakan dengan  baik dan sesuai sumpah maupun janji yang telah diucapkan  pada saat menerima jabatan tersebut. Selain itu harus disadari sepenuhnya,  jabatan yang diberikan jangan pernah sekalipun dijadikan modal untuk berbuat sesuka hati guna  mengambil keuntungan dari hal-hal yang tidak dibenarkan. “Jadi bekerjalah dengan tulus dan iklhas, ” ungkapnya.

Dirinya juga minta  kepada camat dan lurah jika mengetahui ada warga yang ditimpa  musibah seperti bencana kebakaran maupun kebanjiran  agar cepat meresponnya dengan memberikan pertolongan pertama, disertai menghubungi langsung Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo  maupun Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kota Palopo. Dengan demikian warga yang ditimpa musibah akan mendapatkan pelayanan dengan baik.

Sebelum menuntaskan arahan dan bimbingannya, Toparakassi menjelaskan rakor yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk membangun silaturahmi sekaligus dengan mendekatkan diri denganapaturnya di tingkat kelurahan sampai kecamatan. Selain itu juga  untuk melihat lebih dekat penyelenggaraan pemerintah daerah di tingkat kecamatan dan kelurahan, terutama dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Rakor tersebut di hadiri seluruh camat dan lurah se Kota Palopo, yang Dilanjutkan dengan tanya jawab terkait tupoksi camat lurah yang hingga saat ini masih menjadi pertanyaan, termasuk beberapa pelaksanan program dan pengunaan anggaran yang belum jelas nomenklaturnya.

 

Reporter: EGHY
Editor: AS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com