BREAKING NEWS
You are here: Home » CITIZEN REPORT » Wallacea Gelar RUA, Basri Andang Terpilih Sebagai Direktur
Wallacea Gelar RUA, Basri Andang Terpilih Sebagai Direktur

Wallacea Gelar RUA, Basri Andang Terpilih Sebagai Direktur

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Perkumpulan Wallacea menggelar kegiatan Rapat Umum Anggota (RUA) Minggu, (5/1/2015). Rapat Umum Anggota merupakan agenda lembaga yang dilakukan selama tiga tahun sekali, dalam kegiatan tersebut dilakukan laporan pertanggung jawaban pengurus serta pemilihan direktur baru.

Direktur perkumpulan Wallacea, Saenal Abidin melaporkan kinerja kepengurusan kelembagaan selama tiga tahun, “kinerja perkumpulan Wallacea selama kepengurusan kali ini berjalan dengan baik dalam melakukan advokasi konflik agraria di luwu raya, misalnya di desa Uraso, Luwu Utara konflik masyarakat dengan perkebunan sawit yang dikelola oleh PTPN XIV sampai saat ini masyarakat telah sampai pada pemanfaatan pengelolaan lahan, begitu juga dengan daerah Battang Barat kota Palopo, telah memasuki tahap pemanfaatan lahan warga Selain itu aktifitas perkumpulan wallacea masuk di wilayah rampi seko dan rampi.

Evaluasi terkait struktur dan kinerja Perkumpulan Wallacea menjadi bagian yang penting dalam kegiatan tersebut, Dari hasil evaluasi terungkap bahwa Perlu melakukan perbaikan kedepan untuk menghasilkan kinerja maksimal, perlu merumuskan agenda yang terperinci setiap divisi. ada lima divisi yang disepakati, 1. Pemberdayaan Hukum dan Hak Rakyat ( PHHR ) melakukan Pendidikan dan Penguatan kearifan masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh komunitas ,2. Pembaharuan Agraria ( PA), melakukan Advokasi tata Ruang komunitas terkait reforma Agraria, 3. Pengembangan Ekonomi: Optimalisasi pemanfaatan sumber daya agraria,4. Data base : Dokumentasi dan pengelolaan data program dan progres kegiatan lapangan dikomunitasi 5. Media dan Kampanye : penyebarluasan Informasi aktifitas lembaga dan perkembangan informasi dikomunitas kepada semua pihak.

Dalam pemilihan muncul dua nama dengan suara terbanyak Saenal Abidin dan Basri Andang yang diajukan oleh anggota perkumpulan. Namun tidak dilakukan pemilihan lanjutan untuk memilih salah satu diantaranya, penentuan direktur perkumpulan wallacea berdasarkan musyawarah anggota, Basri Andang dipilih berdasarkan keputusan bersama untuk menjabat sebagai direktur perkumpulan wallacea baru periode 2015 – 2018.

Saenal Abidin mengungkapkan bahwa mengenai kinerja kedepan itu akan dibuktikan lewat kinerja pengurus selama periode kepengurusan.

Basri Andang yang terpilih mengungkapkan bahwa terpilihnya dirinya sebagai hasil musyawarah, berarti memiliki konsekwensi bahwa anggota perkumpulan wallacea yang memilihnya akan bekerjasama untuk mengemban amanah kelembagaan pada periode kedepan.

Untuk diketahui Perkumpullan Wallacea merupakan Lembaga NGO yang konsen dalam pendampingan dan pembelaan atas keadaulatan ruang rakyat di Luwu Raya yang berpusat di Palopo.

 

Citizen Report: Hajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com