BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Warga Lutra Diminta Tak Cemas Konsumsi Beras
Warga Lutra Diminta Tak Cemas Konsumsi Beras

Warga Lutra Diminta Tak Cemas Konsumsi Beras

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Warga Kabupaten Luwu Utara (Lutra) diminta untuk tidak perlu kuatir mengkonsumsi beras yang diperjualbelikan di pasar-pasar teradisional di Kabupaten Lutra lantaran beredarnya informasi beredar beras plastik atau beras sintetis di pulau jawa.

Hal itu dikarenakan beras yang masuk dan beredar Lutra itu berasal dari Sidrap, Lamasi dan Limbong. dapat dipastikan semuanya beras asli. Namun meskipun demikian, Pihak Dinas Koperasi dan Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Lutra akan tetap melakukan pemantauan dilapangan untuk memberikan jaminan pada masyarakat.  

Kepala Dinas Koperindag Lutra, yansen Tempo mengatakan saat ini telah mengambil langkah untuk mencegah masuknya beras plastik tersebut ke wilayah kabupaten Lutra. Selain itu rencananya Dinas Koperindag akan melakukan sidak dipasar pasar untuk memastikan bahwa beras plastik tersebut tidak beredar dipasaran khususnya di Lutra.

“Saya sudah perintahkan Kepala Bidang Perdagangan untuk membentuk tim, untuk memastikan ada atau tidak beras plastik masuk di Lutra. selain itu kita juga menunggu surat edaran dari propinsi” ucapnya. 

Dinas Koperindag Lutra selain akan memantau peredaran beras plastik, selama ini juga aktif meakukan razia terhadap barang dan makanan kadaluarsa.  

“Baru-baru ini kami melakukan razia barang kadaluarsa bersama tim sidak yang terdiri dari Pihak Kepolisian, Pol PP, Prekonomian, Dinas Pertanian, serta Kesehatan. Tim menemukan banyak sekali merk barang yang dijual kadaluarsa sehingga terpaksa dilakukan penyitaan,” kata Yansen

Sementara, staf Bagian Perdagangan Rahmawati, menyampaikan bahwa beras yang beredar di Lutra itu berasal dari hasil pertanian di Lutra dan dari daerah tetangga seperti dari Lamasi Kabupaten Lutim.

“Meskipun produksi beras yang ada Lutra masih produk lokal sulsel akan tetap kami akan tetap kelapangan melakukan pemantauan. Sekaligus memantau harga dan Peredaran merek dagangan yang kadaluarsa utamanya saat memasuki bulan suci ramadhan ini,” Ucapnya. 

Untuk diketahui ciri ciri beras plastik yaitu tidak mempunyai mata, bentuk mulus, lengket, mengambang, putih jernih, serta tak berbau. Sedangkan Kandungan yang terdapat pada beras plastik adanya plasticizer (pelentur) di dalam beras. Plasticizer adalah senyawa organik yang banyak digunakan dalam pembuatan polyvinyl chloride (PVC).

Reporter: Ai

Editor: Rival Pasau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com