BERITA PILIHAN

AMAN Konsolidasi Caleg Perutusan Komunitas Adat

Malili, Lagaligopos.com –  Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Tana Luwu, semakin gencar melakukan konsolidasi dalam mendorong partisipasi politik caleg perutusan Masyarakat Adat, di komunitas-komunitas Masyarakat Adat anggota AMAN.
 
Setelah melakukan konsolidasi dan konsultasi calon Legislatif perutusan Masyarakat Adat, di komunitas Adat Bonelemo Kec. Bajo Barat Kab. Luwu (Rabu,05/03/2014), konsolidasi kembali dilaksanakan di Komunitas Adat To Karonsi’e (Wasuponda dan Kampung Dongi) dan di Komunitas Masyarakat Wawondula Kec. Nuha Kab. Luwu Timur, Konsolidasi yang dilakukan selama dua hari (7-8/03/2014) tersebut dihadiri oleh Caleg perutusan Masyarakat Adat untuk DPD RI, Mahir Takaka dan salah seorang Caleg DPR RI Partai Nasdem, Luthfi A. Mutty. 
 
Dihadapan ratusan Masyarakat Adat di tiga tempat tersebut, Mahir Takaka yang juga Deputi III Sekjen AMAN untuk Urusan Pemberdayaan dan Pelayanan Komunitas serta Dosen Tamu di Pasca Sarjana Universitas Trisakti Jakarta ini mengatakan bahwa, “Politik harus melengkapi dan menjadi bagian dari Gerakan Masyarakat Adat; politik bukan tujuan tetapi salah satu cara/jalan. Penderitaan panjang dan ketidakadilan yang dialami masyarakat adat bermuara dari upaya penyingkiran masyarakat adat dari proses-proses politik, apalagi pembuatan kebijakan publik. Kebijakan publik selama ini telah menimbulkan beragam konflik dan berdampak ekologis yang sangat merugikan bagi masyarakat adat dan penduduk lokal lainnya. Karena itu perluasan partisipasi politik masyarakat adat memasuki politik kenegaraan yang tersedia lewat demokrasi ‘yang masih mengandung cacat substansial’ sampai saat ini menjadi suatu keharusan”. 
 
“Kader AMAN merebut kuasa politik bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk membela, melindungi dan melayani orang banyak (Masyarakat Adat): utusan politik bukan mencalonkan dirinya sendiri tapi dicalonkan dan diperjuangkan oleh Masyarakat Adat yang mengutusnya.” ungkap Mahir.
 

Dari informasi yang diterima Lagaligopos.com, setelah melakukan konsolidasi di Lutim, rombongan pengurus AMAN rencananya akan melanjutkan perjalanan menuju ke Kec. Rampi Kab. Luwu Utara untuk kembali mengkonsolidasikan agenda politik di beberapa komunitas anggota AMAN yang ada disana.

 

Reporter: ABR

Editor: MA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top