LINGKUNGAN

Banjir Bandang Rendam 5 Kecamatan di Luwu

Belopa, lagaligopos.com – Hujan deras yang mengguyur Belopa dan beberapa kecamatan disekitarnya membuat ratusan rumah warga di lima kecamatan terendam banjir, Rabu (24/07/2013)

Lima Kecamatan yang terendam banjir diantaranya, Kecamatan Suli Barat, Kecamatan Suli, Kecamatan Larompong, Kecamatan Kamandre, dan Kecamatan Pondrang

Hujan yang mulai pada Rabu siang membuat volume air beberapa sungai besar di Luwu meningkat. Ini diperparah dengan terjadinya pertemuan air sungai dengan air pasang dari laut.

Di Kecamatan Suli, banjir menggenangi ratusan rumah warga dengan ketinggian air setinggi lutut orang dewasa. Selain merendam pemukiman, banjir juga merendam ratusan Hektar sawah, dan lahan perkebunan.

Dari pantauan Lagaligopos, Sejumlah fasilitas pendidikan tidak luput dari genangan banjir, seperti SMP Negri Suli, SD 228 Suli, dan beberapa fasilitas umum, fasilitas pemerintahan. Jalan Poros Trans Sulawesi yang tadinya tergenang banjir dan sulit di lewati kendaraan sudah perlahan-lahan surut.

Sejak berita ini diturunkan, genangan banjir sudah mulai surut, namun jika hujan kembali turun, diperkirakan akan terjadi banjir susulan. Tidak ada korban jiwa dari banjir kali ini, dan belum diketahui berapa kerugian yang ditimbulkan akibat banjir. Masyarakat di Kecamatan Suli sudah bersiap-siap jika terjadi banjir susulan. Warga juga mengungkapkan bahwa ini sudah banjir yang kelima dalam tahun 2013 ini. (AC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top