LagaligoTV

Bastem, Keindahan yang Diabaikan

Basse Sangtempe Utara pagi hari

LAGALIGOPOS.COM – Bastem adalah sebuah kecamatan di dataran tinggi Kabupaten Luwu. Bastem berbatasan langsung dengan Kabupaten Tana Toraja bagian selatan. Karena berada diketinggian lebih 1000 meter dari pemukaan laut maka udaranya dingin dan alamnya asri.

Selama ini, jika orang menyebut kata Bastem (Basse Sangtempe), kita langsung membayangkan sebuah tempat yang jauh dan jalanan yang ekstrim.

Memang Bastem secara geografi dan topografi adalah gunung dan lembah. Sejak dulu hingga sekarang kondisinya tidak banyak berubah.

Mungkin Bastem adalah daerah paling tertinggal di Luwu. Sepuluh tahun dibawa kepemimpinan Andi Mudzakkar tidak memberi perubahan berarti. Bahwa Kabupaten Luwu terus membangun dan kemajuan terjadi di banyak sektor, tak seorang pun membantah itu. Tapi untuk Bastem, tunggu dulu, kita belum bisa mengatakan itu. Bastem adalah keindahan yang diabaikan.

Namun dibalik segala keterbatasan itu, Bastem Adalah daerah yang sangat indah dan eksotik. Udaranya sejuk, hasil alamnya melimpah, masyarakatnya ramah, budayanya unik, dan banyak tempat-tempat indah yang bisa memanjakan mata.

Bastem perlu perhatian lebih dari pemerintah. Pemerintah harus berpikir keras dan segera bertindak kepada mereka yang tak kunjung menikmati kesejahteraan umum sebagaimana cita-cita kemerdekaan.

Oleh: Rima Tumbo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top