Berlangsung 5 Hari, Palopo Literasi Dibuka Malam ini

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Palopo Literasi resmi dibuka malam ini, Selasa (6/3/2018). Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari di taman baca kota palopo.

Malam pembukaan tersebut dirangkaikan dengan Orasi ilmiah yang dibawakan oleh Asran Salam selaku pendiri simpul peradaban selaku pelaksana kegiatan tersebut.

Dalam orasinya, ia menyampaikan di era masa kemajuan teknologi yang melahirkan budaya teknologi manusia minus kreativitas, nihil independensi yang berpuncak pada budaya copy paste.

Lanjutnya, tanpa kreativitas dan indepedensi, melalui Handphone orang dengan gampang menyebarkan Hoax- yakni menyebarkan berita tanpa Fakta.

Justru dengan teknologi, kata dia,  manusia telah terkontrol dengan teknologi itu sendiri.

Walau demikian, kata Asran, kita juga tidak bisa menolak teknologi, sebab ia sudah menjadi fakta sosial.

”Yang terpenting adalah kita menyadari kunci terdalam teknologi yakni menjadi manusia yang merdeka dan kreatif,” paparnya.

Asran berharap dengan adanya kegiatan palopo festival literasi 2018 ia menjadi tugu ingatan kita akan adanya kesenangan dalam literasi.

”Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya berhenti di tahun ini tapi berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya,” tutupnya. (Engky)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top