BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Gebyar Perizinan Gratis dan Laounching BPMPPT
Gebyar Perizinan Gratis dan Laounching BPMPPT

Gebyar Perizinan Gratis dan Laounching BPMPPT

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Sejak ditetapkannya Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kota Palopo dan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) menjadi satu SKPD,  yang saat ini berubah menjadi Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) akhirnya melaksanakan Louncing penggabungan SKPD tersebut, yang dilaksanakan halama Kantor BPMPPT, Kamis 07/05/15.

Pelaksanaan Lounching ini juga di rangkaikan dengan kegiatan Gebyar Perizinan Gratis 2015 yang dilaksanakan serentak di 24 Kabupaten kota se Sulsel dan dilaksanakan selama sehari. Menurut Kepala BPMPPT Dra. Hj. Rukmini Yusuf pada saat louncing tersebut, terkait gebyar perizinan gratis pelaksanaannya  didampingi oleh USAID dimana dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasar pada  surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan Nomor : 510.13/2754/BKPMD tertanggal 20 Maret 2015 tentang pelaksanaan Gebyar Perizinan Massal dan Gratis di Sulawesi Selatan tahun 2015.

Lanjutnya, untuk tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pada pelaksanaan gebyar perizinan tahun 2015 untuk memberi kemudahan layanan perizinan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di kota Palopo ini.

“Ini juga untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat luas tentang perlunya perizinan sebelum membuka atau menjalankan usaha. Namun sasaran utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pelaku UMKM dengan tidak menetapkan target, karena dalam sehari ini kami akan tetap menunggu sebanyak mungkin masyarakat yang ingin melakukan pengurusan,” ungkap Rukmini Yusuf.

Dijelaskan Rukmini Yusuf adapun perizinan yang dilayani pada gebyar saat ini mencakup  Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Gudang (TDG), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Kepariwisataan (SIUK), dan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

“Kami berharap semoga pelaksanaan Gebyar Perizinan ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan perekonomian Kota Palopo serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Palopo,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Kota Palopo Hatta Toparakkasi yang mewakili Walikota Palopo HM Judas Amir, dalam sambutannya mengungkapkan, pada kesempatan ini atas nama Walikota Palopo, mengingatkan kembali bahwa sejak awal pembentukan Kota Palopo, telah ditetapkan bahwa daerah ini adalah sebagai salah satu pusat pelayanan jasa terkemuka di Kawasan Timur Indonesia.

“Visi ini tentu tidak boleh hanya menjadi lip Service semata, melainkan harus dibuktikan dengan sebagaimana mestinya, salah satunya adalah melalui gebyar perizinan seperti hari ini.” Ungkap Hatta.

Lanjutnya, sebagai kota yang tengah berkembang dengan segala dinamika sosial yang ada, sesungguhnya Kota Palopo adalah merupakan daerah yang sangat potensi dalam pengembangan berbagai bisnis, mulai dari skala yang kecil, sederhana sampai yang makro. Karena itu, komitmen untuk memudahkan layanan perizinan bagi pelaku usaha sangat dibutuhkan sehingga dengan demikian diharapkan akan semakin banyak pula pelaku usaha mau dan berdatangan menanamkan modalnya di daerah ini.

“Olehnya, saya mengajak kepada jajaran BPMPPT Kota Palopo agar momentum yang diselenggarakan secara serentak di 24 kabupaten/ kota hari ini kiranya menjadi penguat semangat dan komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan sistem dan prosedur yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit, tentunya dengan standar waktu yang tepat serta tarif perizinan yang lebih transparan dan akuntabel.” Harap Hatta.

Ditambahkan Hatta, kita patut bersyukur karena animo pelaku UMKM mengurus izin pada hari ini, karena disamping akan turut mendukung kemajuan perekonomian Kota Palopo, tentunya ini sekaligus menjadi bukti bahwa lapangan pekerjaan masih terbuka lebar bagi masyarakat, sehingga dengan demikian muara utama dari gebyar ini untuk dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat yang terlibat pada usaha yang dibuka atau yang akan dikembangkan.

“Menyikapi meningkatkan pengajuan perizinan berbagai jenis usaha serta semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka kedepan diharapkan kepada jajaran BPMPPT Palopo dapat melakukan terobosan yakni dengan membuat sistem proses perizinan dengan menggunakan sistem elektronik, sehingga akan lebih memudahkan bagi para pelaku usaha dalam proses pengajuan izin usahanya.” Tandasnya.

Turut hadir pada Gebyar Perizinan Gratis dan Laounching BPMPPT diantaranya Anggota DPRD Palopo, para Muspida Kota Palopo, Kepala SKPD se-Kota Palopo, para Camat dan Lurah, perbankan dan Para Pelaku Usaha Kecil Menengah yang ingin melakukan pengurusan perizinan. Sampai pukul 15.00, wita  sudah ada 1500 berkas masyarakat melakukan pengurusan perizinan dimana sesuai jadwal proses penerimaan berkas akan dilaksanakan hingga pukul 17.00 Wita.

Reporter: EGHY

Editor: Rival Pasau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com