NASIONAL

Jokowi Buka Peluang Jadi PNS Guru yang sudah Mengabdi Lama

LAGALIGOPOS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang bagi guru yang sudah mengabdi lama agar diangkat menjadi CPNS tahun depan. Hal disampaikan Jokowi saat menghadiri puncak Hari Guru Nasional ((HGN) di Kota Bekasi, kemarin (2/12/2017).

Dikutip dari Jawapos.com, Jokowi menegaskan kepada jajarannya supaya jangan sampai menutup kesempatan bagi guru-guru tidak tetap yang sudah mengabdi lama untuk bisa menjadi PNS. Termasuk para guru honorer yang mengajar di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

“Guru yang sudah mengabdi lama, memenuhi kompetensi, dan kualifikasi diutamakan,” kata Jokowi disambut riuh ribuan guru.

Secara khusus, Jokowi memerintah Mendikbud, Menteri PAN-RB Asman Abnur, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana untuk membahas teknis pengangkatan CPNS guru tahun depan.

Jokowi berpesan supaya pengangkatan CPNS guru berjalan baik dan sesuai ketentuan. “Sekali lagi, tanpa menghilangkan kesempatan bagi guru tidak tetap (atau guru honorer, Red),” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menjawab aduan ketua umum PGRI soal pencairan tunjangan profesi guru (TPG).

Baca: Presiden Jokowi Pertegas Tunjangan Guru Tak Akan Dihentikan

“Saya percaya peningkatan mutu guru perlu dibarengi dengan kebaikan kesejahteraan yang tentu harus disesuaikan dengan kemampuan negara. Karena itu, saya mohon agar persoalan sertifikasi dapat dilaksanakan dengan baik dan tunjangan profesi bagi guru yang telah disertifikasi dibayarkan tepat waktu dan tepat jumlah,” ujar Presiden.

Sebelumnya, Unifah Rosyidi, dalam sambutan sebagai Ketua Umum PGRI, menyampaikan harapan agar Presiden Jokowi mendengar suara guru, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Ia menambahkan bahwa masalah administrasi, kesejahteraan, dan pengisian guru untuk daerah terdepan, terluar, serta tertinggal menjadi perhatian Presiden Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top