NASIONAL

Ini Instruksi Jokowi untuk Penanganan Banjir Luwu Utara

JAKARTA, LAGALIGOPOS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan instruksi untuk penanganan bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Melalui akun Instagram resminya, Jokowi memerintahkan Menteri PUPR untuk segera turun ke Luwu Utara melihat langsung kondisi di lapangan.

Baca Juga: BNPB Sebut Pembukaan Lahan Sawit di Hulu Penyebab Bencana Banjir Luwu Utara

“Dari Jakarta, saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk segera turun ke Luwu Utara bekerjasama dengan Pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas dan BPBD setempat, melakukan upaya penanganan darurat, dan segera memulihkan kondisi Masamba,” tulis pesan di akun Instagram Presiden Jokowi, Jumat (17/7/2020).

Presiden juga menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana tersebut.

Baca Juga: Tersangkut di Pohon Pisang, Bocah 4 Tahun ini Selamat dari Amuk Banjir

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini, dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan kiranya diberiNya kesabaran dan kekuatan,” tulisnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang yang menyapu Luwu Utara telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan orang hilang, serta kerugian material yang belum ditaksir sampai saat ini.

Baca Juga: BPBD Luwu Utara Perkirakan ada Ratusan Orang Belum Ditemukan  

Dari data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat 30 orang meninggal dunia dan 15 orang dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian.

Kejadian ini juga mengakibatkan puluhan orang dirawat di sejumlah rumah sakit dan puskesmas. Lebih dari 3.500 keluarga mengungsi. (As)   

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top