BERITA PILIHAN

Kacaunya Pasar Sentral Belopa

Belopa, Lagaligopos.com – Sebuah saluran air yang terbuat dari gorong-gorong di pasar Belopa amblas. Saluran yang rusak ini terletak di perempatan jalan pasar Belopa. Kondisi ini sudah berlangsung selama sebulan.

Seperti yang dituturkan oleh seorang tukang ojek yang selalu mangkal dipasar belopa untuk mencari penumpang, pak Jamaluddin, “saluran air itu rusak karna dilewati oleh mobil truk yang membawa barang muatan” tuturnya. Jamaluddin menambahkan kerusakan itu sudah diketahui banyak orang karna sudah berlangsung lama dan terletak dipasar, “sudah satu bulan gorong-gorong saluran air itu rusak, dan sudah banyak yang mengeluh dan untuk menghindari kecelakaan makanya dipasang penanda agar pengendara motor atau mobil tidak mengalami kecelakaan,” minggu (03/11/2013).

Salah satu penjual di pasar Belopa yang bernama Murni menuturkan, “kerusakan itu cukup mengganggu karna ramainya kedaraan setiap hari pasar dan gorong-gorong yang rusak itu terletak di perempatan pasar, jadi jalan yang dulunya bebas dilewati orang-orang membelok ketika masuk pasar kini harus hati-hati karna lubang itu”.

Dari pantauan Lagaligopos kerika hari pasar, saluran air yang amblas ini sepanjang kurang lebih 2 meter dan lebar satu meter dan cukup mengganggu arus para pengguna kendaraan. Sebelum lubang itu ada, untuk menguranngi kemacetan, para pengguna kendaraan bermotor bisa membelok, namun kali ini tidak lagi sehingga kepadatan kendaraan dibagian selatan pasar meningkat.

Seperti yang katakan oleh Jamaluddin, “sebelum saluran itu rusak kendaraan di jalan sebelah selatan ini tidak padat, tapi sejak rusak selama kurang lebih sebulan, maka tidak ada lagi kendaraan yang belok kearah jalan disebelah barat hampir semua menumpuk disini”.

Kondisi Pasar Belopa yang nampak semerawut dan terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan Standar Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan Pasar. Hal ini mengacu kepada Kepmen Kesehatan RI No. 519/MENKES/SK/VI/2008, diantaranya persoalan Area Parkir

–       Adanya pemisahan yang jelas pada batas wilyah pasar

–       Adanya parkir yang terpisah antara semua jenis kendaraan

–       Tidak ada genangan air

–       Ada tanda jelas keluar masuk pasar

Selain itu, yang juga menjadi masalah dari pasar ini adalah tidak tersedianya air bersih, MCK, dan Pengelolaan sampah sebagaimana.

Beberapa penjual dan pembeli juga menuturkan harapan mereka agar kiranya pasar yang sementara dalam proses pembangunan oleh PEMDA Luwu bisa segera ditempati untuk aktifitas jual beli. (AC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top