NASIONAL

Karena Alasan Keamanan, Kominfo Imbau ASN Gunakan Layanan mail.go.id

MENKOMINFO RUDIANTARA DALAM PERESMIAN AUSTRALIA SINGAPORE CABLE (ASC) PROJECT DI BALLROOM RITZ CARLTON MEGA KUNINGAN, SENIN (11/12/2017). (FOTO: DOK KOMINFO)

LAGALIGOPOS.COM – Karena alasan keamanan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengimbau aparatur sipil negara (ASN) menggunakan layanan mail.go.id

Rudiantara berharap agar ASN juga menghindari semaksimal mungkin menggunakan akun email gratis seperti Gmail atau Yahoo.

“Pertama masalah security. Kedua, kalo kita gunakan akun Yahoo atau Gmail, itu memakan bandwidth internasional. Jadi kita akses ke hostingnya yang ada di luar negeri, balik lagi. Jadi bolak balik kaya gini terus, itu ongkos buat industri. Itu bagi negara, devisa keluar sebetulnya,” kata Rudiantara, dikutip dari laman Kominfo, saat peluncuran mail.go.id di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Baca: Masyarakat Indonesia Lebih Banyak Download Ketimbang Upload

Menteri Kominfo menerangkan, mail.go.id merupakan layanan email khusus untuk ASN yang menggunakan sertifikat digital dan terenkripsi.

Secara khusus ia mengakui sudah banyak kementerian yang menyediakan hosting email lembaga masing-masing.

“Mungkin idealnya nanti, semua melebur tapi perlu transisi. Kementerian-kementerian harus sudah punya atau menggunakan nomenklatur kementeriannya sendiri pake .go.id,” harapnya.

Rudiantara juga mengatakan standarisasi diperlukan untuk memberikan tingkat efisiensi penggunaan infrastruktur teknologi.

“Makin berstandar, volumenya makin besar. Economic soft skillsnya lebih tinggi, memberikan efisiensi lebih tinggi. Tentunya kalau kita punya satu, misalkan dilihatnya ke mail.go.id, itu akhirnya melihat efisiensi yang lebih tinggi,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top