NASIONAL

Masyarakat Indonesia Lebih Banyak Download Ketimbang Upload

Menkominfo Rudiantara dalam Peresmian Australia Singapore Cable (ASC) Project di Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan, Senin (11/12/2017). (Foto: Dok Kominfo)

LAGALIGOPOS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan karakteristik masyarakat indonesia dalam menggunakan internet.

Dikutip dari laman Kominfo, menurutnya menteri Rudiantara, dari 50% pengguna seluler Indonesia yang mengakses data, sebagian besar lebih sering mengunduh dibandingkan mengunggah konten.

“Karakteristiknya, sebagian besar user itu lebih banyak download instead of uploading. Hal ini membuat terjadinya asymmetric flow, lebih banyak incoming traffic. Dan masyarakat umumnya lebih senang aplikasi luar, pengembang aplikasi juga hostingnya maunya di luar terus,” katanya dalam Peresmian Proyek Australia Singapore Cable (ASC) di Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Lebih lanjut Menteri Kominfo menjelaskan, jika masyarakat mau berubah untuk menggunakan aplikasi buatan dalam negeri, akan membantu menyeimbangkan trafik yang asimetris tersebut.

“Dengan perubahan karakteristik (masyarakat), akan membuat lebih murah, reduce the cost services,” tandasnya.

Dengan begitu, kata dia, akan terciptanya industri telekomunikasi yang efisien agar masyarakat dapat menerima layanan dengan harga terjangkau.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top