BREAKING NEWS
You are here: Home » POLITIK » Karimuddin dan Oase Berebut Pinangan Arsyad
Karimuddin dan Oase Berebut Pinangan Arsyad

Karimuddin dan Oase Berebut Pinangan Arsyad

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Dua kandidat Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati yang berniat maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yakni Wakil Ketua DPRD, Andi Sukma dan Anggota DPRD Lutra, Karimuddin berupaya mendapatkan pinangan dari Balon Bupati, Arsyad Kasmar.

Keduanya menyatakan ketertarikannya untuk mendampingi Ketua DPD Gerindra Lutra, Arsyad Kasmar untuk maju berkompetisi di Pilkada dikarenakan ada beberapa faktor, utamanya peluang memenangkan Pilkada Lutra 9 Desember, mendatang, cukup terbuka lebar. 

Menurut Karimuddin yang juga merupakan Ketua DPD PAN Lutra ini, dari hasil survei yang dilakukan internal partainya. PAN yang menyorong kader untuk posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup) menargetkan kemenangan, apabila berpasangan dengan Arsyad, Calon Bupati (Cabup) usungan Partai Gerindra.     

“PAN secara kelembagaan mendorong kadernya maju pada Pilkada, tetapi hanya di posisi Cawabup. kami realistis melihat kontalasi politik saat ini. Sesuai survei internal partai, saya berada diurutan ke Empat untuk posisi Cabup. Namun untuk Cawabup saya malah meraih posisi tertinggi,” kata Legislator PAN yang akrab disapa Ustads Karim ini, Sabtu (23/5/15).  

Dia mengungkapkan, PAN menggunakan lembaga Isco untuk melakukan survei pada sejumlah kandidat Cabup dan Cawabup untuk Pilkada Lutra. Hasil survei tersebut menempatkan Incumbent, Arifin Junaidi diperingkat teratas dan hanya berpaut 3 persen dengan Arsyad Kasmar, sedang diurutan ketiga di tempati Wakil Bupati, Indah Putri Indriani alias Bu Ipi.

“PAN optimis memenangkan Pilkada 2015 ini bila berpasangan dengan Arsyad Kasmar. Hasil survei, beliau terus menunjukan tren positif. Bila ditopang mesin pemenangan PAN pada Pemilu lalu bisa meraih 13 persen suara atau sekitar 14 ribu dari 180 ribu suara sah. Maka besar peluangnya di menangkan pasangan calon usungan koalisi Gerindra-PAN,” ungkap Ustads Karim.

Namun, lanjut Ketua Karang Taruna Lutra ini, apabila antara dirinya dan Arsyad Kasmar tidak ada titik temu, maka pihak DPW PAN Sulsel akan berupaya bangun koalisi dengan Partai Politik (Parpol) yang akan mengusung Ketua DPD Golkar Lutra, Arjuna, gelaran bagi petahana Arifin Junaidi.

“Meski hasil survei Incumbent menunjukan pola staknan. Namun saya kira, strategi yang telah disiapkan PAN yang targetkan di Pilada meraih suara dua kali lipat lebih banyak dari raihan di Pemilu. Maka opsi kedua ini, cukup berpengaruh kearah yang lebih baik dan juga berpeluang menang,” jelasnya. 

Sementara itu, Andi Sukma yang bertagline ‘Oase’ singkatan dari Opu Andi Sukma Ewako, juga menyatakan kesiapannya maju mendampingi sebagai Cawabup apabila mendapat pinangan dari Arsyad Kasmar untuk berkompetisi di Pilkada.

“Kemenangan hampir pasti ada di genggaman apabila Gerindra yang mengantongi 6 kursi bisa berkoalisi dengan Hanura pemilik 4 kursi di parlemen, mengusung pasangan calon di Pilkada,” kata Legislator Hanura ini, Sabtu (23/5).

Menurutnya, koalisi Gerindra-Hanura bisa dipastikan telah menguasai Empat Kecamatan yang merupakan basis suara kedua Parpol tersebut. Kecamatan Malangke, Malbar, Sabbang dan Kecamatan Baebunta. Sedang kecamatan Bonebone, Mappedeceng, dan Masamba, merupakan kecamatan penopang suara tambahan bagi kedua Parpol.

Wakil Ketua DPRD Lutra ini, mengatakan untuk Lima kecamatan lainnya, kecamatan Sukamaju, Tana Lili, Seko, Limbong dan Kecamatan Rampi, bila dilihat dari hasil Pemilu 2014 lalu. Dirinya tetap optimis bisa mengimbangi perolehan suara dari kecamatan yang merupakan basis suara partai Nasdem, Golkar, dan PDIP.

“Bila dipetakan dari 12 kecamatan di Lutra. Raihan suara partai Gerindra dan Hanura di Pemilu, sudah bisa diprediksi kecamatan apa saja yang menjadi basis suara kedua Parpol. Sedang Kecamatan yang dianggap penopang dan penambah suara, dengan mengoptimalkan dukungan keluarga besar, kami sebagai putra daerah dapat keluar sebagai pemenang,” ujarnya.

Selain itu, ‘Oase’ mengungkapkan memiliki sejumlah pilihan alternatif lain apabila komunikasi politik yang terbangun dengan Arsyad Kasmar menemui jalan buntu. “Insyaallah, saya tetap maju apabila komunikasi saya dengan pak Arsyad tidak ketemu. Peluang berpasangan dengan Bu Ipi, masih ada kemungkinanya. Begitupun dengan Arjuna, sampai saat ini komunikasi tetap lancar,” ucapnya.

Reporter: Ai

Editor: Rival Pasau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com