POLITIK

Kedatuan Luwu Siap Sambut Kedatangan SBY

Palopo, Lagaligopos.com – Saat ini, Kedatuan Luwu mulai berbenah menyambut kedatangan orang nomor satu Negeri ini. Rencana kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Februari ke Kota Palopo akan disambut Kedatuan Luwu dengan menganugerahkannya gelar kedatuan kepada SBY. 

Sri Paduka Andi Maradang Machulau, Datu Luwu Ke-40, di Istana Kedatuan Luwu, mengatakan bahwa pihak kedatuan sangat menyambut baik kedatangan Presiden dan berbahagia karena Kota Palopo menjadi salah satu daerah kunjungan kerjanya awal tahun ini.

“Sejumlah prosesi penyambutan secara khusus mulai kita siapkan. Ini sebuah kehormatan besar bagi masyarakat Luwu Raya,” ucap Sri Paduka Datu Luwu dikediamannya.
    
Pihak kedatuan saat ini sedang mempertimbangkan gelar kedatuan yang tepat bagi SBY.

“Pemberian gelarnya akan diputuskan melalui rapat internal kedatuan. Intinya, pemberian gelar kebangsawanan itu sangat wajar,” katanya. Cucu Andi Djemma ini melanjutkan, “jika hajatan presiden itu benar-benar terwujud, maka dapat dipastikan bahwa SBY akan menggunakan pakaian adat Kedatuan Luwu saat masuk istana, karena prosesi pemberian gelar akan diwujudkan lewat prosesi adat itu”. 
    
Datu Luwu kemudian mengenang saat SBY berkunjung ke Kota Palopo saat masih aktif sebagai tentara. “Dulu beliau pernah ke Kota Palopo. Tapi, saat itu masih bagian dari TNI, yakni tahun 1963,” ungkap Sri Paduka.
    
Seperti yang diberitakan sebelumnya, presiden akan mengunjungi sejumlah daerah Di Sulsel. Selain Kota Palopo, Kabupaten Tana Toraja juga menjadi salah satu daerah yang masuk daftar utama kunjungannya. (Baca Juga: Februari, SBY Berkunjung Ke Toraja dan Palopo).

Dari informasi yang dihimpun Lagaligopos, rencananya kedatangan Presiden ini belum diketahui akan menggunakan kendaraan apa. Namun, sejumlah lokasi yang diidentifikasi sebagai tempat kedatangan SBY adalah Bandara Lagaligo di Kecamatan Bua dan Lapangan Gaspa Palopo jika rombongan presiden menggunakan Helikopter. Beberapa waktu lalu, TNI dan Kepolisian mulai memeriksa kesiapan bandara Lagaligo sebagai tempat yang ditunjuk sementara. (Abr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top