BREAKING NEWS
You are here: Home » METRO » Kemenag Palopo Dahulukan Warga Belum Haji
Kemenag Palopo Dahulukan Warga Belum Haji

Kemenag Palopo Dahulukan Warga Belum Haji

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Kementrian Agama (Kemenag) Kota Palopo melalui Bidang Ibadah Haji dan Umrah mencatat daftar tunggu Calon Jemaah Haji Palopo mencapai 1362 orang. Banyaknya daftar tunggu masyarakat yang hendak melaksanakan rukun Islam ke lima tersebut membatasi masyarakat yang telah melaksanakan Ibadah haji sebelumnya untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang belum pernah melaksanakan ibadah ini.

Kepala Seksi Ibadah Haji dan Umroh Kota Palopo Nurul Haq mengatakan khusus bagi masyarakat yang telah melaksanakan ibadah haji, untuk daftar tunggu yang mencapai 1364 orang tersebut diberlakukan aturan yang memberi kesempatan terlebih dahulu kepada warga yang belum pernah melaksanakan haji dibandingkan dengan warga yang sudah pernah melaksanakannya.

Aturan tersebut diberlakukan sejak adanya pengurangan kuota jemaah haji diseluruh dunia mencapai 20 persen karena adanya tahap renovasi Masjidil Haram di Mekkah Arab Saudi pada tahun 2013 lalu. Olehnya itu, Pihaknya lebih mendahulukan warga yang belum pernah melaksanakan Ibadah Haji.

“Karena ada renovasi kami memberikan batasan kepada warga untuk melaksanakan Haji khusus bagi warga yang sudah melaksanakannya atau tercatat mempunyai status Haji,” Kata Nurul Haq kemarin

Nurul Haq menyebutkan, sebelum renovasi berlangsung, warga yang sudah melaksanakan Ibadah Haji bisa melaksanakan Haji lebih dari satu kali dengan catatan lebih dulu mendaftar sebagai daftar tunggu sejak 2009 begitupun warga lainnya yang baru pertama kali melaksanakan Haji diamana kuota sebelumnya adalah 108 orang menjadi 86 orang saja untuk kuota Palopo setiap tahunnya.

“Kalau yang kemarin Haji yang masuk daftar tunggu bisa berangkat kalau ada warga yang batal berangkat atau yang sudah mendaftar lebih dulu untuk waktu normal, tetapi saat ini, kebijakan tersebut dihilangkan karena lagi-lagi ada pengurangan kuota,” Jelasnya.

Karena hal tersebut, tercatat sudah ada 11 orang yang menarik diri beserta biayanya dari daftar tunggu dan mengalihkannya ke ONH Plus bagi warga yang mampu membayar biaya travel senilai 8 Ribu US Dollar atau Rp.100 Juta dengan delapan travel yang tersedia di Palopo untuk ONH Plus dan Umrah.

Selain ONH, beberapa warga juga menarik diri dari daftar tunggu untuk Umrah yang tahun ini dilaksanakan kepada para pesiarah dari Palopo. Tercatat ratusan warga Palopo akan berangkat Umrah tahun ini dimana secara hitungan dari delapan travel yang ada, masing-masing membawa 10 atau 50 orang calon Umrah tahun ini.

Untuk itu, Pihaknya menghimbau warga yang hendak melaksanakan Ibadah Haji untuk bersabar karena adanya pengurangan dan pendahuluan bagi warga yang belum pernah melaksanakan Ibadah Haji sebelumnya, dengan menunggu beberapa tahun hingga daftar tunggu yang terlebih dahulu mendaftar sejak 2009 telah berangkat.

“Kalau tahapan renovasi sudah selesai maka aturan normal akan diberlakukan dengan kuota Palopo sebanyak 108 orang setiap tahunnya,” Tandasnya.

Reporter: EGHY
Editor: AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com