HUKUM

KONTRAS Terus Investigasi Insiden Unjuk Rasa Luwu Tengah

Walmas, Lagaligopos.com – Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS) mendatangi lokasi unjuk rasa pro Luwu Tengah di Batu Sitanduk, Walenrang, Kabupaten Luwu, Rabu (13/11/2013).

Agenda pertama  KONTRAS adalah mendatangi rumah salah satu korban meninggal akibat terjangan peluru pada aksi unjuk rasa kemarin.

Sebagaimana diketahui, Candra (24), meninggal dunia akibat tertembak peluru aparat di bagian dada sebelah kiri. Almarhum yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan ini, diduga kuat terkena tembakan aparat yang membabi buta.

Nasrun, Investigator Kontras Sulsel Mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi terkait korban yang meninggal, korban luka-luka, serta para pengunjuk rasa yang ditahan oleh pihak aparat.

“Yang kita inginkan adalah apakah hak-hak para korban ini terpenuhi, sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya yang di tangkap, yakni hak individu mereka, apakah penanganan mereka telah sesuai dengan KUHAP,” ujar Nasrum.

“Apalagi ada info bahwa anak dibawah umur yang di tangkap, mereka harus berbeda sel dengan orang dewasa, itu semua yang harus kami investigasi,” lanjutnya.

“Sedang untuk korban meninggal, seperti yang kita lihat di media, pihak aparat belum memberi kesimpulan apakah korban meninggal akibat peluru aparat atau tidak, itu juga yang perlu diketahui,” lanjutnya.

Nasrum menambahkan, “selanjutnya adalah, apakah korban meninggal ini peserta unjuk rasa atau tidak, jika tidak, berarti ada indikasi aparat telah melakukan penembakan membabi buta dalam penanganan aksi ini,”

“Kemudian apakah penanganan aksi ini telah sesuai dengan Protap, misalkan kapan penggunaan water canon, gas air mata, peluru hampa dan peluru karet, serta peluru tajam, apakah itu semu telah sesuai dengan tahapan atau Protap,” tukasnya.

Menurut nasrum, setelah data-data terkumpul, lalu akan di kirim ke Jakarta, yang kemudian akan diolah oleh Kontras pusat serta akan di koordinasi ke LBH di jakarta.

Untuk diketahui, Unjukrasa Pro Luwu Tengah (Luteng) ini menjadi perhatian beberapa Lembaga di jakarta, diantaranya adalah Komnasham dan Kontras. Komisioner Komnasham pusat direncanakan akan tiba di Walmas esok. (Fz)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top