POLITIK

Pemerintah Kabupaten Luwu Gelar Sosialisasi Pembangunan Bendungan Lekopini

Kecamatan Bajo Barat, lagaligopos.com – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) pemerintah Kabupaten Luwu  melakukan sosialisasi pembuatan bendungan lekopini di kantor Kecamatan Bajo Barat  Kabupaten Luwu (19/03/13).

Kegiatan sosiliasasi tersebut turut dihadiri langsung oleh bupati luwu H.Andi Mudzakkar MM, kepala Dinas pertanian kabupaten luwu, anngota DPRD LUWU, serta kepala balai besar wilayah sungai pompengan dan jenebareng.

Dalam sambutannya kepala dinas DPSDA kabupaten luwu menyampaikan latar belakang pembangunan bendungan lekopini. Menurutnya, “pembangunan bendungan lekopini didasari atas kondisi irigasi di kabupaten luwu yang masih jauh dari harapan. Pengusulan pembangunan bendungan lekopini ini sudah di usulkan sejak tahun 2011 ke Dinas PSDA provinsi sulawesi selatan, berdasar peraturan mentri pekerjaan umum bahwa lahan sawah yang diatas 1000 hektar merupakan tanggung jawab provinsi, jadi kami mengusulkan pembuatan bendungan lekopini ini ke provinsi berdasarkan petunjuk mentri tersebut, dan alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan bantuan sebesar 11 milyar untuk pembangunan bendungan ini,” ungkap kepala dinas DPSDA di sela-sela sambutannya.

Sementara itu Bupati Luwu yang juga membawakan sambutan dalam sosialiasi tersebut, mengungkapkan bahwa budaya sosialisasi sangat perlu untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya ada warga yang tidak mau lahannya dilalui oleh jaringan irigasi yang memanjang dari Kecamatan Bajo Barat sampai ke Desa Balubu.

Menurut Bupati Luwu Andi Mudzakkar, “untuk masalah pembuatan bendungan lekopini kemungkinan tidak akan menemukan maslah, namun pada pembuatan jaringan irigasi yang melalui lahan warga itu bisa memunculkan masalah, untuk mengantisipasi hal tersebut saya menginstruksikan langsung kepada seluruh kepala desa yang daerahnya di lalui jalur irigasi untuk menyampaikan langsung lewat mesjid tentang pembangunan bendungan lekopini ini, serta mengajak warga duduk secara bersama dengan jajaran pemerintah jika ada masalah dilapangan,” paparnya.

Bupati Luwu yang akrab disapa Cakka juga menjanjikan akan membagikan beras kepada masyarakat yang tidak bisa bersawah karena terkena dampak dari pembangunan bendungan tersebut,” tambahnya.(Cha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top