BERITA PILIHAN

Penerimaan CPNS 2018 di Daerah Segera Dibuka

MAKASSAR, LAGALIGOPOS.COM – Setelah pemerintah meyelesaikan seluruh tahapan seleksi CPNS 2017 bulan ini, pemerintah kembali memastikan akan membuka lowongan CPNS 2018 untuk daerah. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

“Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi,” kata Asman yang dikutip dari Tirto.id usai acara Sosialisasi dan Konsultasi Pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sulawesi Selatan dan Implementasi LAPOR! SP4N di Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat (10/11/2017).

Menurut Menteri Asman, Formasi CPNS 2018 akan dibuka berdasarkan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

“Bidang pertanian misalnya yang ingin kita kembangkan, tetapi tidak punya pegawai di bidang pertanian,” ujarnya sebagaimana dikutip.

Asman menekankan agar Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan.

Terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman mengatakan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

“Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen,” katanya.

Ia juga berharap perekrutan CPNS daerah ini dapat dilakukan secepatnya. “Lebih cepat lebih bagus,” tambahnya.

Pemerintah melalui Kemenpan-RB sebelumnya telah membuka penerimaan CPNS tahap kedua periode 2017 sejak September lalu. Pada putaran kedua ini, penerimaan CPNS dibuka untuk 60 K/L dan Pemprov Kaltara.

Baca: Informasi CPNS 2017

Pembukaan lowongan CPNS itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis guna mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top