BERITA PILIHAN

RSUD I Lagaligo Tingkatkan Kualitas Tenaga Kesehatan

Malili, Lagaligopos.com – Setelah diubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I La Galigo di Kecamatan Woto terus melakukan pembenahan, mulai dari manajemen operasional, sarana dan prasarana memadai sampai pada peningkatan mutu dengan mengupdate keahlian tenaga-tenaga kesehatan setempat.

Dalam rangka peningkatan mutu tenaga-tenaga kesehatan setempat, sebanyak 25 tenaga kesehatan khususnya kepala ruangan mengkuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) manajemen ruangan yang berlangsung di Aula Verbeck Guest House Kecamatan Malili, Senin (24/03).

“Perubahan status RSUD I Lagaligo menjadi BLUD yang terealisasi 2013 lalu, harus diikuti dengan peningkatan Manajemen yang sigap, terukur dan terencana untuk menyongsong kemandirian RSUD” jelas Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan,¬†Askar, saat sambutan mewakili bupati.

Menurutnya, peningkatan status RSUD menjadi BLUD menjadikan Rumah Sakit ini harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tanpa mengutamakan keuntungan, melainkan dalam melakukan kegiatannya tetap didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Ia juga menjelaskan bahwa BLUD ini bukanlah swastanisasi namun esensinya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberian otonomi secara penuh kepada Rumah Sakit agar bersifat fleksibel khususnya dalam pengelolaan keuangan.

Kepada peserta diklat, Askar mengharapkan agar mengikuti diklat ini dengan baik agar pelaksanaannya nanti mampu menerapkan sistem manajemen mutu pelayanan sesuai yang diharapkan.

Kepala Bidang Diklat BKPPD Luwu Timur, Alimuddin mengatakan pelaksanaan diklat ini akan berlangsung selama tiga hari, 24 hingga 26 Maret 2014 dan peserta diasramakan.

“Khusus untuk hari ke tiga, akan dilakukan pengkajian dan peninjauan lapangan di RSUD I La Galigo dan hasilnya dipresentasikan para peserta” tandasnya.

Beberapa materi yang diajarkan diantaranya, peran kepemimpinan dan manajemen keperawatan, standar logistik keperawatan, standar asuhan keperawatan, etik, legal dan nilai-nilai profesional keperawatan, dll. Untuk narasumber, Hj Delis Susilowati, Maemunah, Yustini dan Husniati yang berasal dari RSU Pusat dr Wahidin Sudirohusodo Makassar yang difasilitasi Badan Diklat Sulsel.

 

Penulis: (hr/hms)

Sumber: luwutimurkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top