POLITIK

Tim BAIK Keberatan Terhadap Proses Rekap, Ini Jawaban KPU

Belopa, Lagaligopos.com – Terkait dengan keberatan dari saksi pasangan calon nomor urut 1, Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BAIK) terhadap rekapitulasi yang dilaksanakan oleh KPU Luwu hari ini, ketua KPU, A. Padellang langsung memberikan keterangan seusai rekapitulasi.

Padellang mengatakan, “Ada beberapa alasan keberatan yang disampaikan oleh saksi dari pasangan calon nomor urut 1. Pertama, dia minta dihadirkan semua pengurus PPS, namun hal itu tidak mungkin karna itu bisa berlaku ketika rekapitulasi dilakukan di kecamatan. Kedua, kondisi kotak suara yang juga jadi masalah, namun yang perlu di pahami bahwa pelaksanaan rekapitulasi kami telah beritahukan kepada PPK harus selesai dalam waktu 3 hari, jika tidak maka akan diambil alih oleh KPU, jadi tidak mesti semua PPS hadir karna ini dilaksanakan di KPU dan bukan di tingkat PPK lagi,” terang Padellang

“Mengenai legitimasi”, lanjut Padellang, “Sudah jelas, jika sampai hari tak selesai maka kami ambil alih, dan juga rekomendasi untuk rekapitulasi Kecamatan Walenrang untuk diambil alih KPU juga diperkuat oleh rekomendasi dari Bawaslu provinsi dan KPU Provinsi,” kata Padellang.

Sebagaimana yang disampaikan oleh KPU Luwu, jika ada saksi yang keberatan dengan rekapitulasi maka hal itu bisa ditulis dalam formulir gugatan. Namun ketua KPU sangat menyayangkan bahwa isi dari formulir gugatan saksi pasangan calon yang meninggalkan ruangan adalah sebuah “barang sudah jadi”. Ketua KPU mengatakan, “Seharusnya jika keberatan itu dibuat ketika proses rekapitulasi dengan melihat kondisi saat pelaksanaan rekapitulasi maka formulir harus ditulis tangan, buka hasil ketikan di komputer, saya sangat menyayangkan hal ini, sudah seperti barang jadi baru diserahkan kepada kami”.

Untuk diketahui, keberatan yang ditulis tangan dari pasangan calon yang tidak menyepakati pelaksanaan rekapitulasi baru diserahkan kepada KPU 20 menit setelah rekapitulasi selesai diruangan Ketua KPU Luwu. (AC)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top