BERITA PILIHAN

TNI dan Polisi Siap Back Up KPU Luwu Utara

Masamba, Lagaligopos.com – Aparat kepolisian jajaran Polres Luwu Utara dan TNI di wilayah ini siap memback up kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU), khususnya pada pendistribusian surat suara dan pengamanan ditingkat tempat pemungutan suara (TPS) pada pencoblosan 9 April 2014 mendatang. 

Kesiapan tersebut disampaikan langsung Kapolres Luwu Utara AKBP Hery Marwanto ketika menerima kunjungan Ketua KPU Luwu Utara Suprianto didampingi Divisi Hukum dan Humas, Abdul Aziz dan Divisi Sosialisasi dan Pengembangan SDM, Munawar di ruang kerjanya baru-baru ini.  

“Kami (polisi) siap memback up seluruh kegiatan penyelenggara (KPU) dan jajarannya,” kata Hery diamini Danramil Masamba.  

Menurutnya, kesiapan aparat keamanan, khususnya kepolisian ini sesuai memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara KPU dan kepolisian  No 03/KB/KPU/Tahun 2013 tentang pengamanan penyelenggaraan pemilu tahun 2014. 

Pengamanan dimaksud kata perwira dua melati tersebut mulai dari pengamanan aset KPU, distribusi logistik hingga pengamanan personil KPU Kabupaten dan jajarannya.  

“MoU ini berlaku secara hirarki, sehingga diminta atau tidak kepolisian memiliki tanggungjawab mengamankan pesta demokrasi lima tahunan ini,” jelasnya. 

Sementara Ketua KPU Luwu Utara Suprianto dalam pertemuan ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada aparat kepolisian dan TNI yang telah menyampaikan kesediaannya melakukan pengamanan. 

“MoU antara KPU dan kepolisian sedikitnya memuat tiga hal pokok yaitu pengamanan, penegakan hukun dan sosialisasi,” kata Ketua KPU Luwu Utara Suprianto seusai pertemuan. 

Saat ini lanjutnya, sebagai realisasi MoU tersebut, sudah ada dua personil kepolisian yang melaksanakan tugas pengamanan di KPU Luwu Utara dan diharapkan memasuki tahapan kampanye terbuka dan distribusi logistik personil pengamanan dapat ditambah.  

Selain bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TNI, KPU Kabupaten Luwu Utara juga meningkatkan koordinasi antara lembaga diantaranya Panwaslu Kabupaten Luwu Utara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Masamba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara dan lembaga lainnya yang terkait dengan pelaksanaan pemilu.

“Semua ini dilakukan atas dasar mewujudkan pemilu aman dan berkualitas,” pungkasnya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top