METRO

Walikota Makassar Resmikan Jalan Andi Djemma

MAKASSAR, LAGALIGOPOS.COM – Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto meresmikan nama jalan Andi Djemma, Kamis, (09/11/2017). Sebelumnya, jalan tersebut bernama jalan Landak Baru.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Terimakasih kepada adik-adik mahasiswa Luwu Raya, sudah cukup lama aspirasi ini mereka perjuangkan,” kata Ramdhan Pamonto dalam sambutannya.

Perubahan nama jalan tersebut, kata Danny, sebagai bentuk penghargaan jasa-jasa pahlawan. Semoga dengan menghargai sejarah, kita juga dihargai dimasa yang akan datang, ujarnya.

Diketahui, Andi Djemma adalah Raja/Datu Luwu seorang tokoh Indonesia dan dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI, Megawati Soekarno Putri pada tanggal 8 November 2002.

Andi Djemma dalam sejarahnya dikenal sebagai pemimpin ‘Gerakan Soekarno Muda’ dan memimpin Perlawanan Semesta Rakyat Luwu pada 23 Januari 1946. Tanggal itu sekarang diperingati setiap tahun sebagai Hari Perlawanan Rakyat Luwu.

Peresmian penggantian nama jalan Landak Baru menjadi Andi Djemma ditandai dengan penancapan tiang nama jalan yang dilakukang langsung oleh Walikota Makassar, Danny Pomanto didampingi Wakil Walikota Makassar, Daeng Ichal.

Peresmian nama jalan itu juga turut dihadiri oleh Keluarga Besar Datu Luwu dan perwakilan mahasiswa Luwu Raya yang selama ini memperjuangkan nama kalan tersebut.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top