BERITA PILIHAN

Warga: Terjadi Kesalahan Pembangunan di Belopa

Belopa, Lagaligopos – Kelurahan Sabe merupakan salah satu dari tempat di kota Belopa yang selalu manjadi langganan banjir ketika musim hujan. Air berasal dari kali yang meluap yang melintasi kelurahan tersebut. Namun penyebab dari meluapnya air diungkapkan salah satu warga kelurahan Sabe.

“Penyebab meluapnya air ketika musim hujan karena gorong-gorong yang sempit, gorong-gorong itu adalah akses satu-atunya air kali untuk menuju laut. Gorong-gorong ini terletak dibawah jalan Trans Sulawesi di sudut depan Polsek Belopa. Diameter gorong-gorong itu hanya sekitar 1 meter dan panjang skitar 8 meter. Ketika musim hujan, gorong-gorong biasanya tersumbat sampah dan kayu sehingga air sulit mengalir, biasa juga karna volumer air sangat banyak,” ungkap seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, Minggu (08/9/2013).

Lain lagi dengan kondisi terminal Belopa yang juga senantiasa tergenang banjir. Menurut salah satu petugas LLAJR dishub Kab. Luwu, Penyebab terminal selalu tergenang air karna terminal yang rendah dan kondisi drainase yang buruk, terkadang kami yang bertugas harus menggali tanah untuk mengalirkan air ke selokan,” keluhnya

Sama halnya dengan jalan pelabuhan yang terletak di depan Wisma Ati Mario, setiap selesai hujan deras, jalan ini langsung menjadi kolam karna londisi jalan yang rendah dan trotoar di kiri kanan menutup aliran air. Hal ini diungkapkan Ridwan , salah satu warga.

“Sepertinya terjadi kesalahan pembangunan, trotoar yang terletak di kiri kanan jalan harus mempunyai lubang untk aliran air keselokan, ini malah trotoar menyumbat aliran air,” kata Ridwan. (AC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top