BERITA PILIHAN

282 Peserta PPI Lutim dinyatakan Lulus

Malili, Lagaligopos.com – Sebanyak 282 peserta Program Pelatihan Industri (PPI) yang merupakan kerjasama bidang pendidikan antara Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dengan PT Vale Indonesia akhirnya dinyatakan lulus. Penamatan Siswa siswi PPI angkatan ke-4  ini berlangsung di Gedung Ontae Luwu Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (12/12/2013).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Luwu Timur, Bahri Suli, Anggota DPRD, Andi Hikmad, Kadis Nakertransos, Budiman dan Kabag Humas dan protokol, Amran Aminuddin.

Direktur PPI, Andi Endi mengatakan dari 300 orang peserta yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan ini, adan 17 peserta yang dinyatakan gagal sehingga total peserta yang lulus sebanyak 282.

“Ke-17 peserta ini gagal karena tidak ikut pendaftaran ulang sebanyak 2 orang, kemudian 6 orang mengundurkan diri dengan berbagai alasan, selanjutnya 6 orang dinyatakan lulus sebagai karyawan PT Vale Indonesia sementara 3 orang peserta lainnya di drop out karena melanggar tata tertib”jelasnya.

Lanjutnya, dari 282 peserta ini berasal dari 4 jurusan yakni oprator alat berat, mekanik alat berat, operator proses plant, dan jurusan SCM atau storeman. Secara keseluruhan, kata Endi lagi, sejak PPI digulirkan tahun 2004 lalu hingga tahun 2013 ini telah tercatat sebanyak 688 alumni. “ sebagian alumni telah terserap di PT Vale dan sebagian lainya berkiprah di industri skala nasional diantaranya, Jawa, kalimantan dan Sulawesi.

Sementara itu, Sekda Luwu Timur, Bahri Suli mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Menurutnya sektor ketenagakerjaan telah dihadapkan pada tantangan dan permasalahan yang cukup berat saat ini. Diantaranya semakin berkembangnya pemilihan dan penggunaan tenaga kerja yang semakin selektif dan kompetitif serta adanya persaingan dunia usaha yang semakin ketat.

Maka dari itu, katanya lagi untuk menjawab seluruh tantangan dan permasalahan tersebut, diperlukan investasi sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan dan pembinaan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan memiliki skill.

Oleh karena itu, Bahri barharap agar program pelatihan industri ini dapat terus dilanjutkan, sebab program seperti ini sangat penting karena tujuannya untuk  mendidik tenaga lokal siap pakai yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang lebih produktif.

Ia juga mengingatkan agar PT Vale Indonesia maupun para kontraktornya dapat memberikan kesempatan dan peluang kerja bagi para lulusan PPI ini. Sekda optimis, para lulusan ini akan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. (hr/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top