BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » AMAN Tana Luwu Gelar Pemetaan Partisipatif
AMAN Tana Luwu Gelar Pemetaan Partisipatif

AMAN Tana Luwu Gelar Pemetaan Partisipatif

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) wilayah Tana Luwu melaksanakan training pemetaan partisipatif untuk masyarakat adat To’ Rea, Matano Sorowako kabupaten Luwu Timur, Jumat, (27/3/15).

Kepala Biro UKP3 Aman Tana Luwu, Abd. Malik mengatakan, pemetaan partisipatif ini sangat penting terkait keberadaan dan keberlangsungan masyarakat adat To’rea. “Training ini juga bisa memberikan pemahaman pada masyarakat tentang eksistensi mereka. Dan yang paling penting, teknis bagaimana menggunakan alat-alat seperti GPS dan Kompas.”

Kegiatan ini disambut baik masyarakat setempat. Makole Matano, Andi Baso Mappaware mengatakan, Melalui training tersebut masyarakat dapat menginventarisir hak-hak mereka yang diwariskan nenek moyang.

“Pemerintah mengatakan hutan lindung, pihak prusahaan mengatakan wilayah konsesi tambang. Padahal sangat jelas, wilayah ini turun temurun merupakan milik kami. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah situs seperti pekuburan, goa dan lain-lain.” ujarnya.

Hal itu diamini Kamal, tokoh adat lain di daerah itu. Ia berharap kegiatan pemetaan bisa menjadi suatu wadah untuk mengembalikan hak-hak masyarakat seperti semula.

Menurut Biro Infokom Aman Tana Luwu Andre Tandi Gau kepada Lagaligopos.com, seratusan masyarakat adat To’rea ambil bagian dalam kegiatan itu. Hasil pemetaan nantinya akan di registrasi di Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) agar nantinya menjadi alat negoisasi dan advokasi msyarakat adat To’rea.

Reporter: Fikar
Editor: Fikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com