BERITA PILIHAN

Balapan Taksi Gabah di Lutim Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

MALILI, LAGALIGOPOS.COM – Motor Pengangkut Gabah atau “Taksi” Gabah secara turun temurun telah dimanfaatkan petani di Kabupaten Luwu Timur saat musim panen tiba. Biasanya mereka (taksi gabah.red) membantu petani mengangkut hasil panen.

Namun ada yang beda kali ini, ratusan pengendara taksi gabah itu tidak sedang berburu gabah seperti biasanya, melainkan adu cepat dalam lomba kejuaraan “taksi gabah”.

Kejuaraan pengendara taksi gabah ini diikuti ratusan peserta dari kecamatan Wotu, Burau, Tomoni, Tomoni Timur, Mangkutana dan Kalaena.

Balapan taksi gabah ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam yang dilaksanakan diareal persawahan Desa Maramba Kecamatan Wotu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi ini juga dalam rangka syukuran hasil panen petani. Balapan taksi gabah seperti ini perlu dijadikan agenda tahunan, sebab sangat unik, menarik dan menghibur,” kata Irwan dalam sambutannya, Minggu (17 /12/2017).

Irwan melihat, pelaksanaan balap taksi gabah tersebut sangat potensial karena bisa dikelolah sebagai salah satu daya tarik wisata.

“Balapan taksi gabah ini kalau di tata dengan baik bisa menjadi ikon dan penarik wisatawan untuk berkunjung di Luwu Timur,” ujar Irwan.

Hadir dalam acara itu Kadis Pertanian, Muharif, Camat Wotu, Irawan Ali, Ketua Woatrack, Muhammad Nur, dan beberapa Kepala Desa di Kecamatan Wotu dan Burau.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top