BREAKING NEWS
You are here: Home » KOMUNITAS » Baleg DPRD Luwu dan Aman Akan Rancang Perda Adat
Baleg DPRD Luwu dan Aman Akan Rancang Perda Adat

Baleg DPRD Luwu dan Aman Akan Rancang Perda Adat

BELOPA, LAGALIGOPOS.COM – Pihak DPRD Luwu dan komunitas adat se-Tana Luwu menyetujui perlunya Perda masyarakat adat. Hal ini disampaikan dalam Dialog Para Pihak dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Perda Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat, Senin (27/7/15). (Baca: Perlu Payung Hukum Untuk Melindungi Hak Masyarakat Adat)

Dalam kesempatan itu, kepala Badan Legislasi (Baleg) DPRD Luwu, Baso menyampaikan bahwa Perda tentang masyarakat adat menjadi inisiatif dalam tahun 2014-2015 setelah ada masukan dalam rapat yang melibatkan pihak eksekutif dan masyarakat dalam merancang program Baleg.

“Setelah melalui proses sejak rapat bersama tentang program Baleg DPRD Luwu yang melibatkan eksekutif dan masyarakat hingga proses pengkajian maka Perda masyarakat adat perlu untuk segera disusun dan di tetapkan,” kata Baso.

Politisi partai Gerindra ini menambahkan bahwa Perda masyarakat adat sangat penting untuk mengantisipasi carut marutnya kondisi sosial akibat klaim kelompok yang mengaku masyarakat adat. Selain itu perlu secepatnya proses identifikasi komunitas adat di kabupaten Luwu.

Abdon Nababan selaku Sekjen Pusat Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menjelaskan dalam penyusunan Perda masyarakat adat perlu diperjelas jelas tentang seperti apa masyarakat adat. Abdon menyebutkan beberapa identifikasi masyarakat adat diantaranya genetik/darah, tanah/wilayah/ulayat, dan sistem adat/sistem pengaturan sosial bersama.

“Jika ada kelompok tertentu yang mengklaim sebagai masyarakat adat maka dalam perda yang ditetapkan nanti perlu memuat dengan jelas standar tentang kelompok yang bisa di sebut dengan masyarakat adat,” terang Abdon.

Diakhir pertemuan, Baleg DPRD Luwu bersama Aman Tana Luwu sepakat membentuk tim untuk membantu penyusunan Perda yang dimaksutkan. “Jadi akan ada dua tim yang nantinya bekerjasama dalam proses penyusunan Perda Masyarakat Adat di Kabupaten Luwu, baik dalam proses identifikasi, penyusunan hingga penetapan Perda,” kata Ketua Aman Tana Luwu, Bata Manurung.

Reporter: Acep Crisandy

Editor: Rival Pasau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com