PENDIDIKAN

Cegah HIV, KPA Lutim Gencarkan Program PMTS

Malili, Lagaligopos.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Luwu Timur gencar melakukan langkah pencegahan untuk mengurangi meningkatnya jumlah infeksi baru HIV, dimana saat ini peningkatannya masih di dominasi penularan melalui transmisi seksual.

Langkah yang ditempuh KPA Timur melakukan kerjasama dengan KPA Provinsi Sulawesi Selatan melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Public Private Partnership Program Pencegahan Melalui Transmisi Seksual (PMTS) Paripurna yang berlangsung di Hotel Grand Mulia, Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (12/122013).

Sekretaris KPA Luwu Timur, Andi Tulleng mengatakan kegiatan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 12-15 Desember 2013 dengan model pamaparan materi dan dikusi. Sementara materi yang disajikan diantaranya informasi dasar tentang HIV dan AIDS beserta analisa sosial kabupaten  Luwu Timur,  informasi dasar tentang IMS dan layanan yang telah berjalan didaerah intervensi, kemudian layanan komprehensif HIV berkesinambungan, konsep program PMTS Paripurna,  teknik komunikasi dan fasilitasi dasar.

Sementara itu Asisten Administasi Umum, Muhammad Zabur saat membuka pelatihan ini mengatakan hasil survei Surveilans terpadu Biologis (IMS dan HIV)  dan prilaku yang pernah dilakukan dari tahun 2002 hingga 2007 di sembilan provinsi termasuk Sulsel menunjukkan belum berubahnya prilaku tidak aman secara signifikan pada hubungan seksual beresiko pada semua kelompok populasi kunci terutama pada pelanggan pekerja seks (LBT).  Disisi lain, katanya lagi, penggunaan kondom juga masih rendah diantara kelompok populasi kunci menyebabkan tetep tingginya prevalensi Infeksi Menular Seksual (IMS).

Oleh karena itu, pendekatan komprehensif melalui program PMTS Paripurna mutlak harus dilakukan melalui peningkatan peran positif pemangku kepentingan, intervensi komunikasi perubahan perilaku, kemudian managemen rantai pasokan alat pencegah (kondom, pelicin serta penatalaksanaan IMS.

“Saya berharap hasil dari pelatihan ini nantinya dapat menyusun rencana-rencana aksi atau  rekomendasi untuk memaksimalkan program PMTS paripurna di Kabupaten Luwu Timur” kunci Zabur (hr/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top