BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Debat Kandidat Pilkada Lutra Dinilai Sukses
Debat Kandidat Pilkada Lutra Dinilai Sukses

Debat Kandidat Pilkada Lutra Dinilai Sukses

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara yang di laksanakan hari ini, Minggu (27/09/15) di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara berlangsung dengan lancar. Debat yang di pandu oleh Aswar Hasan, Akademi Universitas Hasanuddin Makassar itu di laksanakan dalam enam sesi. 

Sesi pertama di isi dengan pemaparan visi misi pasangan calon, sesi kedua penajaman visi misi melalui pertanyaan moderator, sesi ketiga pertanyaan moderator terkait isu faktual daerah, sesi ke empat pasangan calon masing-masing mendapat giliran untuk memberikan pertanyaan kepada pasangan kandidat lainnya, sesi kelima pasangan calon saling bertanya dan memberikan tanggapan terhadap jawaban yang di berikan oleh pasangan calon lain, dan sesi keenam masing-masing calon di beri kesempatan memberikan clossing statemen. setiap sesipun telah di telah ditetapkan durasi waktunya oleh penyelenggara.

Disesi pertama pemaparan visi misi kedua pasangan calon masing-masing pasangan nomor urut satu Indah-Tahar (PINTAR) dan pasangan nomor urut dua Arjuna-Rahim (A+R Juna) nampak tanpa hambatan memaparkan visi misinya. Di sesi dua dan tiga pasangan Arjuna-Rahim (A+R Juna) melahap pertanyaan moderator dengan jawaban sangat baik dan terukur sedang pasangan Indah-Tahar (PINTAR) juga melahap pertanyaan moderator. Di sesi-sesi selanjutnya kedua pasangan calon saling serang pertanyaan dan menanggapi masing-masing jawaban lawan debat dengan sangat baik.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Indonesia Luwu Utara (PP-PEMILAR) Muhammad Husain yang hadir sebagai undangan di lokasi debat menilai debat yang di siarkan langsung oleh Celebes Tv itu relatif berimbang namun Pasangan Arjuna-Rahim (A+R Juna) dinilainya memberikan jawaban yang lebih spesifik dan terukur sedang pasanga Indah-Tahar (PINTAR) memberikan jawaban-jawaban yang abstrak sehingga sulit untuk menangkap penjabaran Implementasi Visi-misi Indah-Tahar.

“Kedua Kandidat mempunyai visi misi yang baik, penampilan kedua pasang kandidat juga sudah maksimal. Tetapi di beberapa sesi Pasangan Arjuna-Rahim (A+R Juna) terlihat memberikan jawaban yang terukur dan relistis, seperti pada sesi ke dua penajaman program skala prioritas pasanga Arjuna-Rahim lebih menjanjikan dan realistis, sedang pasangan Indah-Tahar memberikan jawaban program skala prioritas yang telah dilaksanakan pemerintahan sebelumnya dan program-program yang abstrak,’’ Ungkap Muhammad Husain saat di temui di kantor KPU Luwu Utara.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar yang akrab disapa  Addam ini melanjutkan. “Di sesi empat dan lima kedua pasang calon sudah terkesan tidak sehat karena masing-masing menyerang personal masing-masing. Yah kalau kita mau menakar siapa yang unggul saya menilai dari sisi program pasangan Arjuna-Rahim (A+R Juna) masih unggul, namun secara umum biar masyarakat Luwu Utara yang menilai,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com