BERITA PILIHAN

Gereja Sekecamatan Nuha Rayakan Natal Bersama

Malili, Lagaligopos.com – “Perayaan Natal sebagai momentum besar bagi Umat Kristiani dimaknai agar tetap menjaga semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan dan mempererat tali persaudaraan dengan umat beragama lain dan untuk menciptakan perdamaian tanpa harus meninggalkan prinsip-prinsip Agama yang dianut,” ucap Bahri, Sabtu malam (25/01/2014).

Sekretaris Daerah Bahri Suli menghadiri Perayaan Natal Bersama yang di selenggarakan oleh Persatuan Gereja–gereja Sorowako, Perayaan tersebut diselenggarakan di Gedung Ontaeluwu Sorowako Kecamatan Nuha.

Pada kesempatan itu Sekertaris Daerah Luwu Timur Bahri Suli Yang hadir mewakili Bupati Luwu Timur di dampingi oleh, Letnan Kolonel Inf, Aco Lamama, Dandim 1403 Sawerigading Palopo, Management PT Vale Bernandus Irmanto, Kabag Humas dan Protokol Amran Aminuddin, Camat Nuha Kamal Rasyid, Ketua forum Komunikasi Umat Beragama Luwu Timur H. Ardias Bara serta para Pendeta dan jemaat dari Gereja- gereja denominasi.

Dalam Sambutannya Bahri Suli menyampaikan salam kecintaan dalam kasih dari jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kepada seluruh Jemaat Gereja-geraja se Kecamatan Nuha yang merayakan Natal yang membahagiakan, dengan teriring harapan semoga perayaan Natal kali ini membawa keteduhan, kedamaian dan kesejahteraan bagi kita semua di daerah ini” terangnya.
                 
Tema Natal tahun ini adalah: ”Datanglah, Ya Raja Damai ”.  Tema ini tampaknya hendak mengingatkan kita semua, bahwa sesungguhnya Tuhan mengasihi manusia itu adalah sama, tanpa membeda-bedakan siapapun dia serta mengasihi dunia alam semesta dan manusia yang hidup di dalamnya.

Peristiwa Natal ini mengingatkan kepada kita bersama, tentang betapa indahnya kehidupan yang didasari dengan kesederhanaan dan persaudaraan tanpa kebencian, egoisme dan keangkuhan. Suasana Natal, sebagaimana yang dirasakan oleh umat Kristiani selalu akan membawa suasana damai dan penuh persaudaraan. Sesungguhnya pula, hal itu telah menjadi cita-cita manusia sejagat raya, untuk menciptakan suatu tata dunia yang damai, adil dan harmonis. Dalam suasana seperti itu, umat manusia hidup dengan penuh persaudaraan, saling mencintai, saling menghormati, dan bersama-sama berbuat kebajikan, demi kemaslahatan umat manusia sendiri. Inilah cita-cita kemanusiaan yang hakiki, yang juga hadir dalam suasana perayaan Natal kali ini. Rasa persaudaraan yang selama Ini terjalin harmonis antar umat beragama, agar tetap kita jaga agar tidak terjadi perpecahan yang sama-sama tidak kita inginkan.

Lanjutnya  lagi bahwa kita telah memasuki Tahun Baru 2014, mari kita sambut dengan semangat baru untuk bergerak lebih maju lagi ke arah masa depan yang lebih baik dari. Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur, telah mempersiapkan sejumlah rencana yang akan kita laksanakan dalam lima tahun mendatang, terhitung sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 nantinya.

Cukup banyak hal yang harus dilakukan dalam kurun masa tersebut, guna mewujudkan tahapan dan langkah kita menuju kesejahteraan yang kita idamkan bersama. Sejumlah program dan kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan Visi “Keberlanjutan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Publik di Kabupaten Luwu Timur Menuju Kabupaten Agroindustri Tahun 2015”, telah siap untuk kita jalankan secara bersama dan kita wujudkan dalam lindungan dan kasih Tuhan Seru Sekalian Alam. Daerah kita ini, Kabupaten Luwu Timur, sedang berbenah diri dalam era transformasi, reformasi dan demokratisasi, serta masih terus melanjutkan upaya pembangunan yang telah kita lalui bersama, ”  tuturnya.

Diakhir Sambutannya Bahri juga ingin menyampaikan bahwa tahun ini dan tahun berikutnya, oleh para pengamat disebut dengan “tahun politik”, disebabkan akan berlangsungnya peristiwa penentuan pilihan rakyat sehubungan dengan penyelenggaraan Pemilihan Anggota Legislatif tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI untuk masa bakti tahun 2014-2019, sebagai perwujudan demokrasi yang diamanatkan oleh konstitusi kita.  Selanjutnya, itu akan disusul dengan Pemilihan Presiden yang akan menentukan pemimpin nasional kita. Suksesnya pelaksanaan kewajiban konstitusional kita tersebut, adalah dengan memberikan partisipasi terbaik kita semua, dalam menentukan siapa yang akan menjadi wakil kita yang dapat kita percaya mengemban aspirasi rakyat, ”tutupnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Luwu Timur H. Ardias Bara dalam Sambutannya mengatakan, “Secara pribadi maupun selaku Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Luwu Timur”, mengucapkan selamat Natal kepada Umat Kristiani yang merayakannya, semoga dalam Momentum seperti ini Kita sebagai Umat manusia yang beragama dapat lebih erat bergandengan tangan dalam hidup bermasyarakat walaupun berbeda keyakinan. Karena keyakinan merupakan suatu Hak Azasi Manusia untuk memeluk Agama sesuai dengan Keyakinannya masing-masing. Disamping sebagai sebuah perayaan suka citakali ini, umat Kristiani dapat dijadikan sebagai perenungan kembali agar hidup menjadi lebih terarah dengan menerapkan nilai-nilai universial kemanusiaan kita,” ujarnya. (Iss/hms).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top