POLITIK

Hadiri Peresmian Posko Caleg, Sejumlah PNS Lutra Diperiksa Panwaslu

Masamba, Lagaligopos.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dalam mewujudkan eksitensinya sebagai lembaga pengawas Pemilihan Umum (Pemilu), saat ini disibukan dengan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diduga hadir dalam peresmian posko pemenangan salah satu calon legislatif dari partai Golkar di Kelurahan Kasimbong, Kecamatan Masamba, Jumat (21/3/14) kemarin.

Sejumlah pejabat yang mendapat pemanggilan tersebut adalah , Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU), Mukhtar Jaya, Kadis Perhubungan, Jumail Mappile, Kabag Umum, Yasir Pasande, Sekertaris DPRD, Irham Syair, Camat Masamba, Syamsu Alam, Lurah Kasimbong, Akram Rombe, dan Kepala Desa (Kades) Toradda, Halim M Nasir.

“Memang betul, saat ini Panwaslu lakukan pemanggilan terhadap sejumlah pejabat yang dilaporkan hadir dalam peresmian posko pemenangan salahsatu caleg, dan sejak Selasa hingga esok Kamis kita telah jadwalkan pemanggilan mereka untuk dimintai klarifikasinya atas kehadiran mereka di acara tersebut,” kata Panwaslu Kabupaten Lutra, devisi pelaporan dan tindaklanjut, Ayu Anggraini, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/3/14).

Menurutnya, dari hasil klarifikasi, diketahui bila sebagian besar pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut hanya sebagai bentuk penghormatan terhadap undangan yang dilayangkan kepada mereka dan datang ke lokasi acara tanpa ada tekanan atau paksaan dalam bentuk mobilisasi.

“Panwaslu melakukan pemanggilan klarifikasi terhadap sejumlah pejabat ini karena adanya laporan masyarakat dan setelah ditindaklanjuti secara langsung ke lapangan oleh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan didampingi Panwas kecamatan, memang betul ditemukan adanya PNS hadir dalam kegiatan tersebut. Sebagai tindak lanjut, dilakukan pemanggilan klarifikasi dan nantinya hasil klarifikasi akan dilakukan pengkajian sesuai prosedur penangan pelanggaran Pemilu,” ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun Lagaligopos, pejabat yang telah menjalani pemeriksan pada Selasa (25/3/14),  Camat Masamba, Syamsu Alam, Lurah Kasimbong, Akram Rombe, Kades Toradda Halim M Nasir. Sedang pada Rabu (26/3/14) yang menghadiri pemanggilan pemeriksaan Panwaslu adalah Sekertaris DPRD, Irham Syair.

Sementara sesuai jadwal undangan pemanggilan untuk Kamis (27/3/14) dijadwalkan pemeriksaan terhadap,  Kabag Umum, Yasir Pasande, Kadis PU, Mukhtar Jaya, Kadis Perhubungan, Jumail Mappile.

 

Reporter: RPB

Editor: AS

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top