POLITIK

Isu Reshuffle Risaukan Relawan Luthfi

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Merebaknya isu reshuffle Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK dalam beberapa hari terakhir, ternyata bawa dampak menular di kalangan masyarakat Luwu Raya, Sulawesi Selatan.

Meskipun masih sebatas rumor, namun Presiden Jokowi dianggap sudah perlu melakukan evaluasi pada Kabinet Kerja yang dinilai stagnan dengan kondisi ekonomi bangsa tak kunjung membaik. peluang reshuffle tetap mungkin terjadi dan itu hak prerogratif presiden.

Bahkan santer terdengar dari dalam lingkaran istana dan elit partai politik sudah mulai menggodok sejumlah nama-nama menteri baru yang diprediksikan ada sekitar 7 menteri bakal diganti dan bertukar posisi. (Baca: Isu Reshuffle, Luthfi Disebut Berpeluang Jadi Menteri)

Menariknya ada nama baru, ada juga wajah lama yang sekedar tukar posisi. Salah satu nama baru yang jadi fokus perhatian di Sulsel adalah Luthfi Andi Mutty, anggota Komisi II DPR-RI, bidang Pemerintahan Dalam Negeri & Otonomi Daerah, Aparatur & Reformasi Birokrasi.

Selain itu, isu resuffel kali ini juga memasukan wajah baru seperti Idrus Marham, Politisi Partai Golkar itu dikabarkan bakal diangkat menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional menggantikan Sofyan Djalil. Tak kalah menariknya, pendatang baru, Najwa Shihab santer dikabarkan menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah.

Sementara nama Ketua DPP NasDem bidang politik pemerintahan, Luthfi Andi Mutty akan masuk jajaran kabinet dan diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menggantikan Asman Afnur lantaran saat ini keberadaan PAN di koalisi tengah disorot.

PAN dinilai kerap berbeda sikap dengan pemerintah dan rekan koalisi, mulai dari soal RUU Pemilu hingga Perppu Ormas. Bahkan Amien Rais sebelumnya telah meminta Asman Abnur keluar dari Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK.

Namun disisi lain, isu resuffel kabinet ini membuat keresahan di kalangan relawan, simpatisan dan tim loyalis Luthfi yang sudah terbentuk di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Hal itu diungkapkan Ryan Kalle,  anggota Tim Medcer Luthfi saat ditemui di Warkop Dg Aziz Masamba.

“Sejak munculnya nama Opu Luthfi dalam isu resuffel Kabinet ini,  jelas membuat para relawan dan simpatisan risau. Malah dalam beberapa hari ini, kita perhatikan itu jadi bahan cerita para pengamat Pilgub di Sulsel, khususnya di Luwu Raya,” kata Ryan.

Menurutnya, kerisauan itu karena Luthfi juga digadang-gadang akan maju berkontestasi di Pilgub Sulsel 2018 berpasangan dengan Agus Arifin Nu’man. “Jelas kami risau, sebagai relawan ini harus clear, tetap maju Pilgub atau pilih menteri nantinya,” tandas Ryan.

Terkait denga isu ini, Belum ada komentar langsung dari Luthfi. Lagaligopos telah mencoba menghubunginya dalam dua hari ini tapi tidak ada tanggapan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top